Intensitas siswa mengikuti ekstrakurikuler IRMA (Ikatan Remaja Masjid) hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian korelasi pada siswa di SMP Negeri 2 Cileunyi

Agung, Dimas (2021) Intensitas siswa mengikuti ekstrakurikuler IRMA (Ikatan Remaja Masjid) hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian korelasi pada siswa di SMP Negeri 2 Cileunyi. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftra Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jika siswa kurang memahami materi khususnya materi dalam mata pelajaran pendidikan agama islam, maka akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu nilai yang diperoleh siswa kurang maksimal. Masalah ini bisa diatasi dengan siswa mengikuti ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid agar siswa dapat lebih memahami materi yang akan dijelaskan guru ketika proses pembelajaran pendidikan agama islam di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Intensitas siswa mengikuti ekstrakurikuler IRMA di SMP Negeri 2 Cileunyi Bandung. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Cileunyi Bandung. (3) Hubungan antara Intensitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler IRMA dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Cileunyi Bandung. Pada penelitian ini diasumsikan bahwa intensitas sangat berkaitan dengan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengacu pada hipotesis yaitu semakin tinggi intensitas siswa mengikuti ekstrakurikuler IRMA maka akan semakin baik pula hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam mereka. Arti dari intensitas disini adalah segala usaha yang dilakukan seseorang guna mencapai suatu tujuan dengan kemauan yang diwujudkan dengan perilaku. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data atau informasi mengenai intensitas siswa mengikuti ekstrakurikuler IRMA hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas angket, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan linearitas, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1)Realitas intensitas siswa mengikuti ekstrakurikuler IRMA termasuk pada kategori cukup. Dengan rata-rata adalah 3,35 karena berada dalam rentang skala 2,5 – 3,5. (2)Realitas hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 2 Cileunyi termasuk pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 85,56 karena terdapat dalam rentang skala 80-100. (3)Realitas hubungan antara intensitas siswa mengikuti ekstrakurikuler IRMA dengan hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Cileunyi memiliki sebesar 0,79 yang berada pada skala korelasi 0,60 – 0,799 dengan kualifikasi korelasi yang kuat. Hal ini berdasarkan pada nilai thitung (6,811) > ttabel (0,3673), dari hasil tersebut terbukti bahwa thitung > ttabel maka Ho ditolak dengan kata lain terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas siwa mengikuti ekstrakurikuler IRMA terhadap hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 2 Cileunyi. Besarnya derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 39%. Hal ini menunjukkan masih terdapat 61% faktor lainnya yang dapat mempengaruhi Hasil belajar PAI siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam; Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dimas Agung
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:01
Last Modified: 09 Sep 2021 08:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42116

Actions (login required)

View Item View Item