Pengaruh pernikahan dini terhadap pola pendidikan pada anak : Penelitian di Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

Nisa, Eva Fauzun (2021) Pengaruh pernikahan dini terhadap pola pendidikan pada anak : Penelitian di Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kaula muda yang melakukan pernikahan dini. Hal ini terbukti dengan banyaknya buku-buku, website-website bahkan youtube-youtube yang mengajak dan mengiming-imingi indahnya nikah muda. padal pada kenyataanya, menikah bukanlah hal yang mudah karena harus memiliki ‘bekal’, serta mempunyai kesiapan baik berupa kesiapan fisik maupun kesiapan mental. Kesiapan fisik yaitu kesiapan menjadi mandiri secara finansial. Sedangkan kesiapan mental adalah kesiapan bathniyah berupa psikologis yang mampu menanggung segala resiko setelah pernikahan itu terjadi termasuk dalam cara mendidik anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Realitas pernikahan dini di Desa Cimarias, 2) Pola pendidikan agama pada anak di Desa Cimarias, dan 3) pengaruh pernikahan dini terhadap pola pendidikan agama pada anak di Desa Cimarias. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa orang yang melakukan pernikahan dini secara otomatis menempuh pendidikan yang tidak tinggi. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada pola pendidikan yang diterapkan kepada anak. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi pendidikan seseorang, maka akan semakin baik pula cara medidik anak. Begitupun sebaliknya semakin rendah pendidikan seseorang, maka semakin kurang baik juga cara mendidik anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, tehnik pengngumpulan datanya menggunakan observasi, angket dan studi dokumen. Teknkik analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan statistik dengan melakukan analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut : 1) Realititas terjadinya pernikahan dini di Desa Cimarias menghasilkan rata-rata nilai 4,36. Angka tersebut termasuk kategori sangat tinggi 2).Pola pendidikan agama pada anak menunjukan hasil rata-rata 3,86., 3).Pengaruh pernikahan dini terhadap pola pendidikan agama pada anak di Desa Cimarias diperoleh rata-rata sebesar 0,595. Berdasarkan perhitungan hipotesis diperoleh hasil t hitung = 6,25 > t tabel 1,70. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara variable X dan variabel Y. Besar pengaruhnya adalah 35,40 % , artinya masih ada 64,60% yang mempengaruhi pola pendidikan agama pada anak di Desa Cimarias.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pernikahan dini; Pendidikan agama
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eva Fauzun Nisa
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:55
Last Modified: 27 Aug 2021 03:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42231

Actions (login required)

View Item View Item