Peran orang tua dalam upaya meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlaq di masa pandemi covid-19 : Penelitian pada siswa kelas IX MTsN 5 Sumedang

Al-hamidi, Teguh Iqbal Maulana (2021) Peran orang tua dalam upaya meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlaq di masa pandemi covid-19 : Penelitian pada siswa kelas IX MTsN 5 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh di masa pandemic Covid-19. Dadang arkan selaku bidang kurikulum mengatakan bahwa peserta didik yang kekurangan dalam fasilitas untuk mengakses E-learning Madrasah tidak banyak jumlahnya sehingga dipertanyakan bagaimana orang tua mereka menggantikan peran guru di rumah. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti mengenai peran orang tua dalam upaya meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peran orang tua dalam pembelajaran di masa Covid-19 (2) Pembelajaran Aqidah Akhlaq selama masa pandemi Covid-19 di MTsN 5 Sumedang (3) Faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam upaya meningkatkan prestasi belajar (4) Prestasi belajar Aqidah Akhlaq selama masa pandemi Covid-19 di MTsN 5 Sumedang. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa orang tua berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Beberapa indikator peran orang tua yaitu Motivator, Pengasuh, Fasilitator, dan Pendamping sangat penting bagi kesuksesan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu jika peran orang tua dilaksanakan dengan baik maka prestasi belajar siswa akan meningkat dengan tinggi. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan femonologi dan metode Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua peserta didik di MTsN 5 Sumedang yang berjumlah 4 orang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dari 4 orang tua di MTsN 5 Sumedang, 3 diantaranya melaksanakan peran berupa motivator, fasilitator, pendamping dan pengasuh dengan baik, yang mempengaruhi terhadap pretasi belajarnya dengan mengalami peningkatan prestasi belajar yang tinggi dan stabil (2) E-learning Madrasah menjadi pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Aqidah Akhlaq selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran dilakukan secara pasif antara peserta didik dan guru (3) Faktor pendukung dalam peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq MTsN 5 Sumedang kelas IX yaitu: Kesadaran anak dan fasilitas yang baik. Faktor penghambat dalam peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq MTsN 5 Sumedang kelas IX yaitu: jaringan dan waktu yang dimiliki orang tua. (4) Prestasi belajar peserta didik bisa diketahui dengan serangkaian ujian baik teks maupun nonteks, untuk mencapai prestasi yang diinginkan dengan baik maka perlu peranan orang tua yang mendukung sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Prestasi Belajar; Aqidah Akhlaq
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Teguh Iqbal Maulana Al-hamidi
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:50
Last Modified: 31 Aug 2021 03:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42239

Actions (login required)

View Item View Item