Pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga : Studi deskriptif tentang program Badan Usaha Milik Desa Jaya Sejahtera Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang

Abhar, Yuzrial Ilham (2021) Pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga : Studi deskriptif tentang program Badan Usaha Milik Desa Jaya Sejahtera Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya Virus Covid-19 memberi dampak yang sangat besar bagi masyarakat Desa Pagedangan, dampak dari hadirnya Virus Covid-19 yaitu dari segi ekonomi masyarakat apalagi setelah pemerintah membuat kebijakan baru mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya, maka dari itu pemberdayaan masyarakat khususnya kaum perempuan perlu dilakukan agar mampu meningkatkan perekonomian keluarganya. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui program, pelaksanaan, dan hasil dari pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh BUMDes Pagedangan dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan dan teori perekonomian. pemberdayaan menurut Nanih Machendrawaty adalah upaya dalam membangun peningkatan kemampuan hidup secara berkelanjutan, dan kegiatan yang bertujuan untuk membina kelompok yang kurang beruntung secara finansial agar mampu membangun kesejahteraan ekonomi keluarganya. Sedangkan perekonomian menurut BKKBN Konsep kesejahteraan keluarga secara umum dapat dibagi menjadi tiga indikator keluarga sejahtera, Pertama, Kesejahteraan Ekonomi, Kedua Kesejahteraan Sosial, dan Ketiga Kesejahteraan Psikologi. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini bertujuan untuk mendeskriptifkan, dan menggambarkan fenomena yang ada dilapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya program pemberdayaan ini masyarakat pagedangan khususnya kaum perempuan kebutuhannya sudah mulai terpenuhi, seperti kebutuhan fisik material, kebutuhan spiritual dan juga kebutuhan sosial. Dari yang sebelumnya para kaum perempuan hanya menjadi ibu prumah tangga saja kini para kaum perempuan mempunyai penghasilan sendiri dan juga memiliki keterampilan. Pemberdayan yang dilakukan yaitu dengan memberikan pekerjaan dan pelatihan kepada kaum perempuan agar mampu meningkatkan perekonomian keluarganya dan mempunyai keterampilan lebih. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Program Pemberdayaan Perempuan ini dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BUMDes; Pemberdayaan Perempuan; Ekonomi Keluarga
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yuzrial Ilham Abhar
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:32
Last Modified: 06 Sep 2021 06:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42740

Actions (login required)

View Item View Item