Pengaruh beban klaim dan beban operasional terhadap laba bersih pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah periode 2015-2019

Wulansari, Mira (2021) Pengaruh beban klaim dan beban operasional terhadap laba bersih pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan agar dana yang diinvestasikan tidak mengalami kesenjangan di antara pendapatan dengan pengeluaran (beban). Beban merupakan pengurang pendapatan yang akan berpengaruh pada naik turunnya laba. Laba pada asuransi merupakan selisih dari pendapatan dikurangi beban. Pada perusahaan asuransi syariah terdapat dua beban, yaitu beban klaim dan beban operasional. Ketika beban meningkat maka semakin kecil laba perusahaan yang diperoleh, begitupun sebaliknya semakin kecil beban maka semakin besar laba yang akan dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban klaim secara parsial terhadap laba bersih, untuk mengetahui pengaruh beban operasional secara parsial terhadap laba bersih, untuk mengetahui pengaruh beban klaim dan beban operasional secara simultan terhadap laba bersih pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah. Adapun pengaruh antara Beban Klaim, Beban Operasional dan Laba Bersih. Dimana Beban Klaim mempengaruhi Laba Bersih, begitu juga dengan Beban Operasional juga mempengaruhi Laba Bersih. Selain dipengaruhi oleh Beban Klaim dan Beban Operasional, Laba Bersih juga dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti Premi, Hasil Investasi, Hasil Underwrting. Metode yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan pada website resmi PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah periode 2015-2019. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis menggunakan Uji t dan Uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial beban klaim tidak berpengaruh terhadap laba bersih pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah, hal ini ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,193 atau 19,3%, dan nilai t hitung < t tabel yaitu sebesar 2,078 < 2,101. Secara parsial beban operasional berpengaruh terhadap laba bersih pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah, hal ini ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,509 atau 50,9%, dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,322 > 2,101. Kemudian secara simultan beban klaim dan beban operasional berpengaruh terhadap laba bersih, hal ini ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,557 atau 55,7%, nilai f hitung > f tabel yaitu 10,679 > 3,59 pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Beban Klaim;Beban Operasional;Laba Bersih
Subjects: Private Law > Banking and Insurance Law
Administration of Economy > Administration of Commerce
Insurance > Claims Insurance
Insurance > Insurance in Indonesia
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Mira Wulansari
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:35
Last Modified: 07 Sep 2021 02:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42868

Actions (login required)

View Item View Item