Dampak Home Industri Tahu terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa ( Penelitian di Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung)

Muhammad Kriesna Nurdin, Muhammad (2013) Dampak Home Industri Tahu terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa ( Penelitian di Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Pembangunan industri merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan pembangunan dalam melaksanakan ketetapan Garis Besar Haluan Negara (GBHN) untuk mempercepat tercapainya sasaran pembangunan jangka panjang, sehingga bangsa Indonesia mampu tumbuh dan berkembang atas kekuatannya sendiri menuju masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila. Industrialisasi pada hakikatnya adalah pembaharuan dalam segala bidang kehidupan. Kehadiran industri di tengah-tengah suatu masyarakat bisa menimbulkan berbagai masalah sosial apabila tidak pernah ada komunikasi dan keterbukaan dari semua pihak. Contoh kasusnya adalah adanya pembuangan limbah yang semena-mena. Berdasarkan uraian tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi masyarakat kelurahan babakan sebelum adanya home industri tahu, proses perkembangan home industri tahu kelurahan babakan, serta dampak home industri tahu terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat. Home berarti rumah, tempat tinggal, ataupun kampung halaman. Sedang Industry, dapat diartikan sebagai kerajinan, usaha produk barang dan ataupun perusahaan. Singkatnya, home industry adalah rumah usaha produk barang atau juga perusahaan kecil. Dikatakan sebagai perusahaan kecil karena jenis kegiatan ekonomi ini dipusatkan di rumah. Perubahan sosial ialah perubahan yang mengacu kepada individu, kelompok, organisasi, dan budaya. Ini bisa terukur dari perbandingan-perbandingan sebelum dan sesudah adanya home industri. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Sumber primer meliputi profil kelurahan Babakan kecamatan Babakan Ciparay, data keluirahan dan 30 responden yang memberikan informasi sesuai data yang diperlukan. Sumber sekunder berupa buku dan literatur yang berkaitan dengan home industri. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebelum adanya home industri tahu masyarakat kelurahan Babakan kecamatan Babakan Ciparay dalam segi pendapatan masih minim, pendidikan rendah, tempat tinggal semi permanen, pola interaksi masih bergotong royong dan humanis. Perkembangan pabrik tahu pun muklai pesat sejak tahun 90 an hal ini dikarenakan banyak warga setempat yang menjual sawahnya. Namun, setelah adanya home industri tahu memberikan dampak positif dan negatif, dampak positifnya dalam segi pendapatan meningkat, pendidikan membaik, membuka lapangan pekerjaan, dan tempat tinggal permanen. Sedang kan dampak negatif dalam segi lingkungan tercemar, dan pola interaksi menjadi individualis. Bahwa dampak negatif dan positif adanya home industri sangat terasa bagi masyarakat Kelurahan Babakan. Kata Kunci : Home Industri dan Babakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Home Industri dan Babakan
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2016 09:32
Last Modified: 23 Mar 2016 04:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item