Peran humas pemerintah sebagai fasilitator komunikasi dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat Kota Bandung : Analisis deskriptif pada Humas PD. Kebersihan Kota Bandung

Fadilah, Difa Hasya (2021) Peran humas pemerintah sebagai fasilitator komunikasi dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat Kota Bandung : Analisis deskriptif pada Humas PD. Kebersihan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy

Abstract

PD. Kebersihan Kota Bandung merupakan sebuah lembaga pemerintah daerah yang menjalankan tugasnya dalam melayani jasa pengangkutan sampah. Polemik kebersihan sampah di Kota Bandung yang terjadi di masyarakat menjadikan Humas PD. Kebersihan Kota Bandung menjalankan perannya sebagai fasilitator komunikasi, hal ini dapat dilihat dari data pra penelitian yang dikutip oleh peneliti bahwa banyaknya pengaduan-pengaduan dari masyarakat terkait terkait sampah di Kota Bandung sehingga Humas PD. Kebersihan Kota Bandung berupaya untuk sama-sama menjaga kebersihan Kota Bandung. Hal ini dilakukan agar terjalin hubungan baik dan saling pengertian antara masyarakat dan PD. Kebersihan Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya humas pada perusahaan daerah dalam pola interaksi transaksi, serta upaya pola keterhubungan humas dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat. Penelitian ini berdasarkan konsep peran public relations yang dijelaskan oleh Cutlip, dengan salah satu peran yang difokuskan yaitu peran sebagai fasilitator komunikasi. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan interpretatif dan paradigma konstruktivisme, dengan metode deskriptif kualitatif melalui jenis data primer dan data sekunder. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara mendalam serta studi dokumentasi yang diperoleh pada saat di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran humas pemerintah sebagai fasilitator komunikasi dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat Kota Bandung yang dilakukan oleh humas PD. Kebersihan dilakukan melalui 1) upaya pola interaksi transaksi humas dalam peran sebagai fasilitator komunikasi bagi masyarakat dapat dikategorisasikan melalui proses produksi dan penyebaran pesan, memberikan keterbukaan dan kemudahan akses informasi, menyediakan fasilitas komunikasi, dan menjaga keefektifan komunikasi. 2) upaya humas dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat dapat dikategorisasikan melalui kegiatan perusahaan bersama dengan masyarakat, serta faktor pendukung guna membantu tujuan humas dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat, namun terdapat hambatan pada humas dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat, akan tetapi hambatan tersebut dapat ditangani oleh humas dalam perannya sebagai fasilitator komunikasi bagi perusahaan terhadap publik eksternal terutama masyarakat Kota Bandung. Sehingga terdapat hasil yang dirasakan oleh humas PD. Kebersihan Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fasilitator Komunikasi;Humas Pemerintah;Hubungan Baik;Masyarakat Kota Bandung
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Philosopy and Theory > Language and Communication, Lexicology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Difa Hasya Fadilah
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:47
Last Modified: 13 Sep 2021 06:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43255

Actions (login required)

View Item View Item