Bimbingan Parenting Skill untuk meningkatkan pemahaman orang tua terhadap perkembangan anak di masyarakat pedesaan : Penelitian di Posyandu Desa Sukamanah

Nurlaela, Nurlaela (2021) Bimbingan Parenting Skill untuk meningkatkan pemahaman orang tua terhadap perkembangan anak di masyarakat pedesaan : Penelitian di Posyandu Desa Sukamanah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena pengasuhan anak yang terjadi saat ini semakin menyedihkan dan memperhatinkan. Dalam pengasuhan, setiap anak sangat membutuhkan pelayanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhannya yang disertai pemahaman orang tua untuk memahami karakteristik anak sesuai dengan perkembangannya. Banyak orang tua yang kurang memperhatikan pentingnya parenting di rumah. Oleh karena itu, bimbingan orang tua sanggat membantu untuk meningkatkan pemahaman orang tua. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemahaman parenting skill orang tua di Posyandu Desa Sukamanah ; mengetahui proses pelaksaaan bimbingan parenting skill untuk meningkatkan pemahaman orang tua terhadap perkembangan anak di Posyandu Desa Sukamanah ; mengetahui hasil bimbingan parenting dalam meningkatkan pemahaman orang tua terhadap perkembangan anak di Posyandu Desa Sukamanah. Penelitian ini dilihat dari pemikiran bahwa parenting skill merupakan pendidikan yang diberikan kepada orang tua dalam rangka untuk mengetahui dan mengaplikasikan pendidikan yang tepat kepada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik mengumpulkan data berupa wawancara dan observasi secara langsung menyaksikan gambaran situasi dan kondisi aktivitas orang tua dalam menerapkan pendidikan terhadap anak-anaknya. Berdasarkan hasil penelitian, orang tua anak di Posyandu Desa Sukamanah sudah dapat memahami pentingnya kegiatan bimbingan parenting, orang tua sudah mampu memprediksi sikap saat mendidik anak di rumah, orang tua juga sudah mampu menggali bimbingan parenting bagi orang tua terhadap perkembnagan anak dirumah, dan orang tua mampu menggali materi-materi pentingnya bimbingan parenting untuk orag tua terhadap perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukn bahwa pemahaman orang tua terhadap anak di Posyandu Desa Sukamanah sudah meningkat. Kegiatan bimbingan parenting di Posyandu Desa Sukamanah ini sangat mempengaruhi orang tua dalam membangun kepribadian yang lebih baik, untuk bekal anak ketika dewasa nanti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Parenting; Pemahaman Orang Tua; Pedesaan;
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nurlaela Nurlaela
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:56
Last Modified: 14 Sep 2021 05:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43411

Actions (login required)

View Item View Item