Corporate Social Responsibility (CSR) dan Community Development (Studi Kasus Pelaksanaan Pengembangan Masyarakat PT Coca Cola Bottling Indonesia Plant Rancaekek)

Naufal M. Nuhal Abror Hafidz, Naufal (2012) Corporate Social Responsibility (CSR) dan Community Development (Studi Kasus Pelaksanaan Pengembangan Masyarakat PT Coca Cola Bottling Indonesia Plant Rancaekek). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan masyarakat (Community Development) adalah salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat dengan mendayagunakan sumber-sumber lokal serta menekankan prinsip pasrtisipasi sosial (dalam hal ini masyarakat dengan industri). Sehingga masyarakat diharapkan menjadi lebih mandiri dengan kualitas kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik. Berkaitan dengan hal tersebut, industri dituntut untuk tidak hanya memoles citranya melalui kegiatan charity atau philantrophy, yang hanya yang memberikan manfaat sesaat kepada masyarakat, namun harus memiliki melakukan terobosan dengan kegiatan yang memberi manfaat jangka panjang untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Community Development (pemberdayaan masyarakat) yang dilakukan PT Coca Cola Amatil Indonesia (PT CCAI) di Plant Rancaekek terhadap masyarakat di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, dengan menitik beratkan pada aspek pemberdayaan sosial dan ekonomi masyarakat setempat. Metode yand digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, untuk memperoleh informasi dan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dengan melakukan wawancara kepada informan, obeservasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Data-data dan informasi yang telah diperoleh dari lapangan diinterpretasikan melalui teknik analisa data yang sesuai dengan jenis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa PT CCAI di Plant Rancaekek telah melaksanakan program CSR yang mengintegrasikan program kepedulian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat kedalam sebuah program bernama Coke Farm. Program ini telah dilaksanakan PT CCAI di plant Rancaekek sejak tahun 2009, yang meliputi Pertama, Program Pembibitan tanaman keras (Agroforest). Kedua Program pertanian organik. Ketiga, Program pembuatan pupuk kompos dan keempat Program Kolam Ikan. Melalui program ini masyarakat lokal di Desa Cihanjuang diberikan pelatihan di bidang agrikultur sehingga diharapkan mampu lebih berdaya dan menumbuhkan kemadirian dalam aspek sosial dan ekonomi masyarakat. Walaupun Program CSR yang dilakukan oleh PT CCAI di Plant Rancaekek. telah melibatkan masyarakat lokal dan memberi manfaat tertentu pada masyarakat yang terlibat, tetapi PT CCAI belum mampu melakukan pemberdayaan yang dapat dirasakan dalam jangka panjang dan kurang menyuluruh, Oleh karena itu, CSR yang dilakukan belum sesuai dengan konsep pemberdayaan masyarakat yang sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR,COMMUNITY DEVELOPMENT, PENGEMBANGAN MASYARAKAT
Subjects: Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 17 Feb 2016 01:16
Last Modified: 26 Feb 2016 11:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item