Model pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Home Industry : Studi pada produksi cakwe dan odading Desa Cilampeni Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung

Yuniarsih, Yuyun (2021) Model pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Home Industry : Studi pada produksi cakwe dan odading Desa Cilampeni Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia relatif rendah ditandai dengan masalah pendapatan yang tidak bisa memenuhi kebutuhan. Permasalahan tersebut dapat diselsesikan dengan pemberdayaan ekonomi melalui home industry seperti yang dilakukan home industry cakwe dan odading yang terletak di RT. 03 RW.03 Desa Cilampeni Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry dan proses, bentuk sampai hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry. Teori yang digunakan adalah teori Edi Suharto, bahwa pemberdayaan merupakan sebuah proses dalam serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan dengan hasil yang diinginkan yang dikaitkan dengan pemberdayaan suatu kelompok/komunitas yang bergerak dibidang perekonomian. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dan menggunakan metode Qualitativtive research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, dikategorisasi dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry cakwe dan odading yaitu dengan penyadaran, pelatihan, pembinaan dan pendampingan dalam pembuatan sampai pemasaran cakwe dan odading, bentuk pemberdayaannya dilakukan bukan hanya kepada masyarakat yang bergabung di home industry saja tetapi dilakukan kepada masyarakat yang tidak bergabung tetapi mempunyai keterkaitan dengan home industry lalu hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah ditunjukan dengan pendapatan meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masyarakat di home industry bisa meningkatkan pendapatannya dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari juga memiliki kebebasan mobilitas, mampu membeli komoditas kecil dan juga besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi Mayarakat; Home Industry
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions
Production, Industrial Economics > Other Extractive Industries
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yuyun Yuniarsih
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:42
Last Modified: 15 Sep 2021 04:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43503

Actions (login required)

View Item View Item