Konsep pendidikan dalam Q.S Luqman: 12-19 perspektif taisir karim ar-rahman fi tafsir kalam al-mannan karya Abdurrahman bin Nashir As-Si’di

Meinaldi, Lutphi (2021) Konsep pendidikan dalam Q.S Luqman: 12-19 perspektif taisir karim ar-rahman fi tafsir kalam al-mannan karya Abdurrahman bin Nashir As-Si’di. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dominasi konsep pendidikan barat di lembaga-lembaga pendidikan bahkan lembaga pendidikan Islam. Hal ini cukup mengkhawatirkan bagi umat Islam yang memilki tujuan pendidikan mencetak manusia yang beriman, bertaqwa serta berakhlak mulia. Sedangkan peradaban barat berlandaskan pada paham sekulerisme, rasionalisme dan materialisme, Tuhan tidak menjadi pertimbangan dalam sains barat, karena Tuhan dianggap tidak rill. Dan diketahui bahwa Ilmu yang dihasilkan para pemikir barat tidak bebas dari ideologi, kultur, cara pandang dan kebudayaan manusia barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : Konsep pendidik, peserta didik, tujuan pendidikan, metode pendidikan, materi pendidikan dalam Q.S Luqman : 12-19 serta bagaimana implikasinya terhadap pendidikan Islam. Kerangka berfikir dalam penelitian ini yaitu melihat Al-Qur’an sebagai dasar pendidikan Islam yang paling utama, yang didalamnya terdapat berbagai konsep yang dapat menjadi petunjuk bagi kehidupan manusia di muka bumi, termasuk didalamnya konsep pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini termasuk pada penelitian library research atau penelitian kepustakaan. Sumber data yang diperoleh diambil dari sumber dan sekunder berupa buku-buku serta karya tulis ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Sementara itu teknik analisis data yang digunakan yaitu content analysis atau analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendidik harus memiliki ilmu yang mumpuni untuk diajarkan, perbuatan yang terpuji baik dzohir maupun batin, berupaya menyelaraskan ilmu dan amal, memiliki sifat penyayang dan ikhlas. 2) Peserta didik dituntut bersabar dalam menerima pelajaran. 3) Tujuan pendidikan Islam menekankan baiknya penghambaan kepada Allah baik aqidah maupun ibadah, memiliki kepribadian yang baik dan dapat berinteraksi dengan baik sesama manusia. 4) Mata pelajaran wajib adalah aqidah, ibadah, akhlak dan dakwah. 5) Metode pendidikan yang ditemukan targhib wa tarhib dan keteladanan. 6) Dengan menjalankan konsep pendidikan Q.S Luqman : 12-19 yang menekankan terhadap pentingnya tauhid maka akan terhindar dari paham manusia barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep pendidikan; Tafsir; Q.S Luqman12-19
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education, Research of Arts
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lutphi Meinaldi
Date Deposited: 16 Sep 2021 07:31
Last Modified: 16 Sep 2021 07:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43672

Actions (login required)

View Item View Item