Dinamika dakwah di Komunitas Tilawah Tigapuluh (KTT): Studi deskriptif penelitian tentang kegiatan tabligh pada Komunitas Tilawah Tigapuluh di Kabupaten Sukabumi

Athqianita, Sheyrill (2021) Dinamika dakwah di Komunitas Tilawah Tigapuluh (KTT): Studi deskriptif penelitian tentang kegiatan tabligh pada Komunitas Tilawah Tigapuluh di Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sheyrill Athqianita: Dinamika Dakwah di Komunitas Tilawah Tigauluh (KTT) (Studi Deskriptif tentang Kegiatan Tabligh pada Komunitas Tilawah Tigapuluh di Kabupaten Sukabumi). Dalam prosesnya, dakwah harus bersifat dinamis, bergerak dan berubah sesuai dengan kemajuan zaman, dan kondisi mad’u agar dakwah dapat diterima dan tujuan dakwah tercapai. Kehadiran Komunitas Tilawah Tigapuluh (KTT) di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Sukabumi sebagai sistem yang mengarahkan masyarakat kembali kepada jalan Allah, dan keberagaman kegiatan nya ini menjadi salah satu kajian yang sangat menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dinamika dakwah Komunitas Tilawah Tigapuluh (KTT) dari awal pembentukan, penguatan internal komunitas hingga perkembangan dakwah Komunitas Tilawah Tigapuluh (KTT) dari tahun ke tahun serta peran Komunitas Tilawah Tigapuluh (KTT) di tengah masyarakat Kabupaten Sukabumi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori dinamika kelompok dan teori proses dan tahapan dakwah. Keduanya digunakan untuk mengetahui bagaimana dinamika yang terjadi di Komunitas Tilawah Tigapuluh dan digunakan sebagai acuan untuk meneliti bagaimana proses perkembangan dakwah Komunitas Tilawah Tigapuluh (KTT). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam melalui pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi yang menitik beratkan pada Dinamika Dakwah di Komunitas Tilawah Tigapuluh (KTT). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa awal pembentukan KTT dengan pendekatan tabligh melalui ceramah di tiap masjid mengajak untuk membentuk kelompok tilawah. Adapun penguatan internal yang dilakukan melalui kegiatan pembinaan dan bimibngan teknis kepada koordinator wilayah dan desa. Perkembangan dakwah KTT terlihat dari adanya pembaruan kegiatan yang dilaksanakan di KTT dari tahun ke tahun. KTT sebagai system yang mengarahkan masyarakat kembali kepada jalan Allah berperan sebagai wadah memperoleh ilmu agama dan pembinaan membaca Al-Quran, sebagai sarana silaturrahmi, sebagai motivator yang mendorong untuk rajin beribadah, yang mempengaruhi dalam merubah pola pikir masyarakat untuk hidup bersosialisasi dan mencintai lingkungan, serta sebagai penyalur wakaf Al-Quran dan santunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Dinamika; Komunitas.
Subjects: Islam > Da'wah
Classical Mechanics, Solid Mechanics > Dynamics, Statics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sheyrill Athqianita
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:22
Last Modified: 30 Sep 2021 07:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43779

Actions (login required)

View Item View Item