Peran pekerja perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga: Studi kasus perempuan pekerja pabrik di Desa Sukamurni Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi

Aisyah, Siti (2013) Peran pekerja perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga: Studi kasus perempuan pekerja pabrik di Desa Sukamurni Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Seorang perempuan dalam rumah tangga mempunyai status dan peran, sebagai seorang istri bagi suami adalah status yang disandangnya. Selain itu juga sebagai ibu dari anak-anak adalah bentukan dari status dan peran ganda perempuan. Dalam kenyataan kehidupan sehari-hari perempuan zaman sekarang sudah banyak mengalami perubahan peran di dalam lingkungan rumah tangga. Setiap orang mempunyai macam-macam peran yang berasal dari pola-pola pergaulan hidupnya. Hal ini sekaligus berarti bahwa peran menentukan apa yang diperbuatnya bagi masyarakat serta kesempatan-kesempatan apa yang diberikan oleh masyarakat kepadanya. Sehingga dalam peran tersebut mereka dapat membantu mensejahterakan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana peran pekerja perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat tentang peran perempuan pekerja pabrik dalam keluarga. Penelitian ini berdasarkan teori peran, pekerja perempuan dan kesejahteraan keluarga. Menurut teori peran status dari perempuan menimbulkan hak dan kewajiban serta harus dijalankan sesuai dengan fungsi masing-masing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk membuat perencanaan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Penelitian kualitatif memerlukan ketajaman analisis, objektivitas, sistematis, dan sistemik, sehingga diperoleh ketepatan dalam interprestasi sebab hakikat dari suatu fenomena atau gejala. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, dan wawancara langsung. Dalam penelitian ini mendeskripsikan tentang kehidupan para pekerja pabrik serta peran mereka dalam keluarga. Berdasarkan penemuan yang didapatkan penulis, antara lain bahwa perempuan dengan tingkat upah yang berbeda mempunyai cara masing-masing dalam mensejahterakan keluarga. Peranan yang dilakukan perempuan di masyarakat menunjukan tingkat positif maupun negatif, walaupun demikian Setelah diadakan penelitian , dapat diperoleh kesimpulan bahwa perempuan juga bisa untuk bekerja. Karena setiap perempuan memiliki variasi yang berbeda, namun mereka menyadari akan pentingnya partisipasi dalam kehidupan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan keluarga; pekerja perempuan
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:10
Last Modified: 15 Jul 2019 01:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item