Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Barat

Muhammad Wahid Arif Tiarno, Muhammad (1210801069) (2014) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukan kurangnya kerjasama antara individu dengan pegawai lain dalam menyelesaikan pekerjaan, adanya beberapa pegawai yang masih kurang mahir dalam menggunakan mesin serta peralatan yang ada dikantor, tindakan kurang disiplin pada saat jam kantor, serta kurangnya perhatian dari pimpinan terhadap fungsi dan tugas dari tiap-tiap bidang yang ada. Dengan menerapkan gaya kepemimpinan transformasional secara baik dan benar, maka diharapkan kinerja pegawai akan meningkat. Sebab kinerja pegawai dipengaruhi oleh bagaimana seorang pemimpin dalam memimpin bawahannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kepemimpinan Transformasional Kepala Satuan dan Kinerja Pegawai Dinas Satuan Polisi Satuan Pamong Praja Provinsi Jawa Barat, serta Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Satuan Polisi Satuan Pamong Praja Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan analisis deskriptif verifikatif. Teknik pengambilan data melalui observasi dan kuesioner yang disebar kepada 37 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan skala Likert, rumus Koefisien Korelasi Pearson, Uji Regresi Linier Sederhana, dan koefisien Determinasi menggunakan program SPSS versi 20.0. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Robbins and Judge yang mengemukakan empat dimensi Kepemimpinan Transformasional yaitu Pengaruh Ideal, Motivasi Inspirasional, Stimulasi Intelektual, Dan Pertimbangan Individual. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi yang telah dihitung sebesar 68,3% masuk dalam criteria pengaruh yang cukup tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang cukup tinggi dari kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Prrovinsi Jawa Barat. Hal ini menunjukkan Kepemimpinan Transformasional memiliki peran yang cukup penting dalam meningkatkan kinerja pegawai. Sedangkan sisanya 31,7% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari analisis data di atas, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Satuan Polisi Satuan Pamong Praja Provinsi Jawa Barat. Kepemimpinan Transformasional terlaksana cukup baik, sehingga telah meningkatkan kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional dan Kinerja Pegawai
Subjects: Social Process > Leadership
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:36
Last Modified: 03 Jun 2016 08:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item