Citizen Journalism pada media dalam jaringan (Online) Kuningan Mass : Analisis partisipasi masyarakat pada kolom Netizen Mass di Kuningan Jawa Barat

Herlinawati, Novilia (2021) Citizen Journalism pada media dalam jaringan (Online) Kuningan Mass : Analisis partisipasi masyarakat pada kolom Netizen Mass di Kuningan Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi hingga munculnya internet menjadi hal yang dapat mempermudah dalam proses penyebaran berita, termasuk lahirnya fenomena citizen journalism (jurnalis warga) yang terdapat dibeberapa media massa seperti televisi, radio, media cetak maupun media online. Tentu saja, banyak diantaranya masyarakat yang sudah berperan aktif dalam mengirimkan informasi tersebut, seperti diantaranya mengirimkan berita, opini, artikel, surat pembaca dan sebagainya. Beberapa media juga sudah menyediakan rubrik khusus bagi citizen journalism, salah satu contoh seperti rubrik media Kuningan Mass dengan sebutan Netizen Mass. Penelitian ini berfokus pada partisipasi masyarakat yang berperan sebagai citizen journalism, pasalnya masyarakat yang berpartisipasi paham betul terhadap kegiatannya (citizen journalism), atau hanya sekadar berpartisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman, pemaknaan, dan pengalaman oleh masyarakat yang berpartisipasi sebagai citizen journalism. Peneliti menggunakan studi fenomenologi berdasarkan aspek pemahaman, pemaknaan, dan pengalaman. Peneliti menggunakan studi fenomenologi karena dianggap sangat relevan dengan penelitian yang berkaitan tentang pemahaman, pemaknaan, dan pengalaman masyarakat yang berpasrtisipasi sebagai citizen journalism. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif. Pemilihan jenis kualitatif karena untuk menggambarkan secara tertulis bagaimana bagaimana pemahaman, perasaan, serta pengalaman masyarakat dalam melakukan perannya sebagai jurnalis warga. Sedangkan teknik dalam pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara mendalam (In Depth Interview) serta studi pustaka. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap masyarakat yang berpartisipasi sebagai citizen journalism, menunjukkan bahwa para informan memberikan pemahaman bahwa citizen journalism merupakan seseorang atau individu yang aktif membuat dan menyebarkan informasi, serta rubrik Netizen Mass yang mewadahi setiap informasi yang dikirimkan. Ketiga informan sangat menyukai terkait hadirnya citizen journalism, karena hal tersebut dapat menampung aspirasi-aspirasi masyarakat. Berdasarkan pengalaman ketiga informan, beranggapan bahwa dengan berpartisipasi dapat menambah wawasan, serta melatih kemampuan tulisannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Citizen Journalism; Netizen Mass; Media Online; Partisipasi
Subjects: Journalism and Newspapers in Other Geographics Area
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Novilia Herlinawati
Date Deposited: 01 Oct 2021 06:43
Last Modified: 01 Oct 2021 06:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44082

Actions (login required)

View Item View Item