Sejarah Masjid Besar Al-Jihad Wanayasa Kabupaten Purwakarta: Kajian arsitektur dan aktivitas sosial keagamaan (2009-2014)

Nurjanah, Ai (2021) Sejarah Masjid Besar Al-Jihad Wanayasa Kabupaten Purwakarta: Kajian arsitektur dan aktivitas sosial keagamaan (2009-2014). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR SUMBER)
8_daftarsumber.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Masjid Besar Al-Jihad Wanayasa yang awalnya hanya merupakan masjid kecil kini telah berubah menjadi masjid yang sangat megah dengan jamaah yang ramai didalamnya. Masjid yang semula hanya dijadikan tempat ibadah sholat kini telah menjadi tempat terjadinya aktivitas sosial agama bagi masyarakat Wanayasa dan sekitarnya. Banyak sekali kegiatan positif yang dilaksanakan di masjid ini, hal ini terjadi tentu saja karena semakin baiknya perkembangan masjid dari tahun ke tahun. Pengetahuan akan masjid ini perlu diperdalam lagi sehingga diperlukan penelitian demi menunjang penelitian selanjutnya. Berdasarkan uraian di atas terdapat beberapa masalah, sebagai berikut: pertama, bagaimana gambaran umum Masjid Besar Al-Jihad Wanayasa Tahun 2009-2014?, kedua, bagaimana kajian arsitektur dan aktivitas sosial keagamaan Masjid Besar Al-Jihad Wanayasa Tahun 2009-2014? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum Masjid Besar Al-Jihad Wanayasa tahun 2009-2014, dan untuk mengetahui kajian arsitektur dan aktivitas sosial keagamaan Masjid Besar Al-Jihad Wanayasa tahun 2009-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah, yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan menelusuri sumber-sumber tinggalan atau mempelajari kejadian di masa lampau untuk dijadikan sumber tulisan. Model atau metode penelitian ini dilakukan melalui empat tahap, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Masjid Besar Al-Jihad Wanayasa dengan arsitektur seperti saat ini mulai dibangun pada tahun 1998 dengan peletakkan batu pertama pada tanggal 28 Oktober 1998. Pembangunan ini menghimpun dana dari pemerintah setempat juga masyarakat sekitar. Pembangunan selesai pada tahun 2003 yang diresmikan oleh Bapak Jusuf Kalla yang pada saat itu menjabat sebagai Menkokesra. Kedua, arsitektur pada masjid ini dari tahun 2009-2014 sama seperti halnya masjid besar pada umumnya di Indonesia, belum ada perubahan yang menonjol dari pertama pembangunan hanya saja ada sedikit perubahan pada kanopi utama yang berada di pintu masuk masjid pada tahun 2010, masjid ini dibangun dua lantai dengan hiasan kaligrafi pada dinding utama maupun dinding kubah. Untuk aktivitas sosial keagamaannya dari tahun 2009-2014 dibawah kepemimpinan Bapak Dr. Mohammad Sar’an, M.Ag, terdapat lima bidang yaitu bidang imaroh, dakwah, sosial, pendidikan, dan sarana dan akomodasi, aktivitas yang menonjol disini adalah pengajian rutin yang dilaksanakan harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sejarah Masjid Besar Al-Jihad; Wanayasa; Purwakarta
Subjects: Islam > Mosques
Buildings for Religious Architecture
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ai Nurjanah
Date Deposited: 03 Oct 2021 14:14
Last Modified: 03 Oct 2021 14:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44141

Actions (login required)

View Item View Item