Analisis pemberdayaan masyarakat melalui program keluarga harapan : Studi deskriptif di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan

Lubis, Azhar Rasyidah (2021) Analisis pemberdayaan masyarakat melalui program keluarga harapan : Studi deskriptif di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kemiskinan adalah masalah sosial yang tidak bisa dihindari oleh karena itu adanya kebijakan program keluarga harapan merupakan upaya pemerintah dalam mengatasi kemiskinan dan merupakan salah satu program berbasis pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini untuk : mengetahui program-program yang dilaksanakan pada program keluarga harapan (PKH), proses pemberdayaan dari PKH dan mengetahui keberhasilan dari PKH dalam pemberdayaan masyarakat. Pada dasarnya pemberdayaan masyarakat melalui program keluarga harapan fokus pada peningkatan taraf hidup dan perubahan perilaku sehingga dengan itu kualitas mayarakat bisa tercapai. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Safe’i (2017) bahwa pemberdayaan mayarakat itu merujuk pada arti membangun, membina serta mengembangkan kualitas masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif karena data yang diperoleh berupa data empiris yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa pemberdayaan masyarakat melalui program keluarga harapan adalah salah satu bentuk dari pemberdayaan sosial budaya yang dimana berfokus pada peningkatan kemampuan dan kualitas masyarakat. Adanya pelaksanaan program keluarga harapan di masyarakat Kecamatan Padangsidimpuan Selatan menjadi tempat untuk peningkatan kemampuan dan kualitas sebagaimana tujuan program tersebut yaitu peningkatan taraf hidup, mengurangi beban pengeluaran dan menambah pendapatan, perubahan perilaku dan berujung pada penurunan kemiskinan dan kesenjangan. Adapun kegiatan yang membantu mencapai tujuan tersebut adalah dengan P2K2 dan BNPT serta diikuti dengan pendampingan dan evaluasi. Setelah proses berlangsungnya PKH di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan hasil yang terlihat adalah adanya perubahan pola perilaku dan pendapatan serta pengeluaran keluarga menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kesejahteraan Masyarakat; Program Keluarga Harapan;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Azhar Rasydah Lubis
Date Deposited: 03 Oct 2021 16:53
Last Modified: 03 Oct 2021 16:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44398

Actions (login required)

View Item View Item