Pengelolaan dana zakat melalui Koperasi Pemberdayan Ummat Daarut Tauhid dan dampaknya terhadap produktivitas usaha kecil Mustahik tahun 2020

Rahmawati, Reni (2021) Pengelolaan dana zakat melalui Koperasi Pemberdayan Ummat Daarut Tauhid dan dampaknya terhadap produktivitas usaha kecil Mustahik tahun 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy

Abstract

Pemanfataan dana zakat yang hanya terfokus pada kegiatan konsumtif mustahik saja sehingga perlu adanya upaya pengelolaan dalam rangka pemberdayaan ekonomi mustahik dalam kegiatan produktif. Koperasi Pemberdayaan Ummat Daarut Tauhid (KOPMU-DT) sebagai koperasi yang fokus membantu upaya pemerintah dalam mengurangi jumlah angka kemiskinan melalui kemandirian usaha yang bersumber dari dana zakat merupakan lembaga yang dijadikan sebagai objek pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui mekanisme pengelolaan dana zakat yang dilakukan oleh KOPMU-DT meliputi tahapan program, keanggotaan, serta teknis dilapangan 2) Mengetahui dampak yang terjadi dari pendayagunaan dana zakat yang ada di KOPMU-DT 3) Mengetahui Upaya apa yang dilakukan oleh KOPMU-DT.Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan sumber data yang dipakai adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dari hasil observasi, wawancara, studi dokumentasi, serta studi pustaka yang dilakukan dalam teknik pengumpulan data. Kemudian dari data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini ditemukan bahwa mekanisme pengelolaan dana zakat dilakukansebagai berikut: 1) Pendataan sebelum menjadi anggota 2) Penguatan sebelum pinjaman 3) Tabungan berencana sebelum pinjaman 4) Pendampingan pekanan 5) Pendampingan yang instensif 6) Pembiayaan dana bergulir menggunakan pola 2-2-1 7) Mekanisme kelompok meliputi sistem iuran kelompok dan tanggung renteng berjenjang. Dengan mekanisme yang dijalankan maka dampak yang diperoleh oleh mustahik atau anggota adalah adanya peningkatan usaha yang berdampak pada peningkatan penghasilan. Upaya KOPMU-DT untuk tetap mempertahankan peningkatan penghasilan yaitu dengan pendampingan yang intensif juga pelatihan usaha yang berkesinambungan.Penelitian ini berkesimpulan bahwa mekanisme pengelolaan zakat yang dilakukan KOPMU-DT berupa pembiayaan modal usaha kecil mustahik. Dari pembiayaan modal usaha tersebut para mustahik berkewajiban untuk mengikuti pembinaan usaha dan berkomitmen mengikuti program pemberdayaan dari KOPMU-DT hingga usahanya dapat mandiri dan produktif. Dampak dari permodalan dan pembinaan usaha tersebut yaitu adanya peningkatan penghasilan mustahik yang awalnya Rp.500.000 per bulan menjadi Rp.1.500.000, peningkatan penghasilan ini juga berdampak pada pengurangan jumlah mustahik, dampak lain yang timbul dari pembinaannya adalah meningkatnya pola pikir dan kreativitas mustahik sehingga usahanya dapat mandiri dan berjalan dengan baik. Upaya KOPMU-DT dalam meningkatkan produktivitas usaha kecil yaitu dengan melakukan pendampingan secara intensif serta diadakannya pelatihan-pelatihan usaha secara bertahap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dana Zakat;Pemberdayaan;Pendayagunaan;Usaha kecil;Mustahik
Subjects: Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Cooperative
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Reni Rahmawati
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:19
Last Modified: 08 Oct 2021 07:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44790

Actions (login required)

View Item View Item