Pengaruh literasi media digital dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar PAI: Penelitian kuantitatif di SMA Negeri 16 dan SMA Negeri 23 Bandung

Tata Kusuma, Deni (2021) Pengaruh literasi media digital dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar PAI: Penelitian kuantitatif di SMA Negeri 16 dan SMA Negeri 23 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang muncul pada seluruh siswa khususnya siswa SMA Negeri 16 dan SMA Negeri 23 Bandung kelas X yaitu adanya kesenjangan ataupun penurunan hasil nilai siswa dalam pelajaran PAI semenjak diberlakukannya pembelajaran daring. Kesenjangan atau hasil nilai siswa yang turunnya secara derastis ini menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana pengaruh litarasi media digital dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar PAI ini. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi media digital dan aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 16 dan SMA Negeri 23 Bandung kelas X terhadap hasil belajar PAI.Literasi media digital dan aktivitas belajar merupakan sebuah kemampuan dari setian individu siswa yang harus di latih dalam menggunakan internet serta diserta adanya perubahan dari segi pengetahuan, nilai-nilai perilaku, serta memiliki keterampilan yang bermacam-macam bentuknya sehingga hasil dari belajarpun akan berubah dan meningkat dengan signifikan. Dengan demikian literasi media digital dan aktivitas belajar siswa terdapat pengaruh pada hasil belajar PAI. Maka, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi pemahaman atau pengaruh siswa terhadap literasi media digital dan aktivitas belajar siswa maka semakin meningkat pula hasil belajar PAI nya, serta sebaliknya. Metode yang dipakai pada penelitian kali ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, studi pustaka, observasi, dan wawancara. Sedangkan untuk meneliti analisis menggunakan rumus korelasi Product Moment, karena ketiga variabel berdistribusi normal dan beregresi linear. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa di SMA Negeri 16 dan SMA Negeri 23 Bandung terlihat literasi media digital dan aktivitas belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Media Digital; Aktivitas Belajar Siswa; Hasil Belajar
Subjects: Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Communications Telemunications
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Deni Tata Kusuma
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:29
Last Modified: 21 Jan 2022 03:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44859

Actions (login required)

View Item View Item