Hubungan komunikasi antara orang tua dan anak terhadap hasil belajar peserta didik di masa pandemi Covid-19 : Penelitian kuantitatif deskriptif terhadap siswa kelas III, IV, V dan VI di MI Nurussalam SM pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadist

Fauziah, Alifa (2021) Hubungan komunikasi antara orang tua dan anak terhadap hasil belajar peserta didik di masa pandemi Covid-19 : Penelitian kuantitatif deskriptif terhadap siswa kelas III, IV, V dan VI di MI Nurussalam SM pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadist. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kemunculan Covid-19 yang mengakibatkan berbagai bidang menjadi terhambat. Salah satunya adalah pendidikan formal, dimana pendidikan formal mengalami perubahan yang bermula tatap muka menjadi daring. Hal tersebut memberikan dampak yang cukup banyak untuk siswa khusunya dalam hasil belajar yang di peroleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Komunikasi antara orang tua dan anak di masa pandemi, 2) Hasil belajar siswa di masa pandemi, 3) Melihat ada hubungan positif atau tidaknya antara komunikasi orang tua dengan anak terhadap hasil belajar siswa. Itu merupakan beberapa point dari tujuan penelitian ini. Metode dari penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan studi literasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis statistik deskriptif dan di dalamnya terdapat beberapa pengujian yaitu uji normalitas, uji regresi sederhana, uji korelasi dan determnasi. Adapu hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Hasil yang diperoleh dari angket mengenai komunikasi orang tua dan anak siswa MI Nurussalam SM dimasa pandemi termasuk pada kategori baik dengan rata-rata sebesar 82,9; 2) Untuk hasil belajar siswa juga tergolong cukup baik dengan rata-rata nilai sebesar 75,3; 3) Berdasarkan hasil analisis data diperoleh r_hitung = 0,357 dengan taraf signifikansi 5% dan r_(tabel ) sebesar 0,312 maka penelitian ini menunjukkan bahwa r_hitung > r_tabel, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa komunikasi orang tua dan anak memiliki hubungan terhadap hasil belajar di masa pandemi covid-19. Serta besaran hubungannya yaitu sebesar 12,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi orang tua dan anak; hasil belajar; al-Qur’an Hadist
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifa Fauziah
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:57
Last Modified: 12 Oct 2021 06:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44953

Actions (login required)

View Item View Item