Peran guru dan orang tua dalam meningkatkan minat baca anak pada masa pandemi COVID-19: Penelitian deskriptif kuantitatif di SD/MI Desa Maripari Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut

Alifah, Rahmatia (2021) Peran guru dan orang tua dalam meningkatkan minat baca anak pada masa pandemi COVID-19: Penelitian deskriptif kuantitatif di SD/MI Desa Maripari Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat baca anak, khususnya pada masa pandemi Covid-19. Beberapa faktor penyebabnya antara lain malas, kurangnya motivasi untuk melaksanakan kegiatan membaca, dan kurang fasilitas untuk mengembangkan minat baca. Minat baca sangat penting ditumbuhkembangkan sejak dini. Keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan budaya membaca. Oleh karena itu, guru dan orang tua harus memperhatikan minat baca anak serta berperan penting dalam meningkatkan minat baca anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat baca anak serta peran guru dan orang tua dalam meningkatkan minat baca anak pada masa pandemi Covid-19. Minat baca adalah kecenderungan yang disertai dengan usaha seseorang untuk membaca. Indikator-indikator minat membaca pada seseorang diantaranya adalah kebutuhan terhadap bacaan, rasa senang terhadap bacaan, tindakan untuk mencari bacaan, berkeinginan untuk selalu membaca, menindak lanjuti bacaan yang dibaca, dan memiliki ketertarikan terhadap bacaan. Dalam peningkatan minat baca anak, peran guru dan orang tua sangat diperlukan. Guru dan orang tua harus bekerja sama dalam memperhatikan dan mendorong anak untuk menggemari kegiatan membaca agar minat baca anak dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data hasil penelitian diperoleh melalui kuesioner/angket yang bersumber dari siswa, guru, dan orang tua. Penelitian ini dilaksanakan di MI At-Thohiriyah, MIS Ma’arif Al-Islamiyah, SDN 3 Maripari, dan SDN 5 Maripari yang berlokasi di Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 186 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa di SD/MI Desa Maripari Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut selama masa pandemi Covid-19 termasuk pada kategori tinggi dengan perolehan rata-rata 74,9. Kemudian peran guru dalam meningkatkan minat baca anak di SD/MI Desa Maripari Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut termasuk pada kategori sangat baik dengan perolehan rata-rata 86,2. Peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada masa pandemi Covid-19 diantaranya adalah sebagai motivator dan fasilitator. Sedangkan peran orang tua dalam meningkatkan minat baca anak di SD/MI Desa Maripari Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut termasuk pada kategori cukup baik dengan rata-rata 81,1. Peran orang tua dalam meningkatkan minat baca anak diantaranya adalah sebagai teladan atau contoh bagi anak-anaknya, sebagai pendamping atau penasihat anak, sebagai pengorganisasi, dan sebagai pendidik dalam menumbuhkan kegemaran anak terhadap membaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca; Peran Guru dan Orang Tua; Pandemi COVID-19
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmatia Alifah
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:01
Last Modified: 13 Oct 2021 03:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44987

Actions (login required)

View Item View Item