Pengaruh metode pembelajaran Hypnoteaching terhadap berpikir kritis siswa pada materi Sistem Indera

Novianti, Nevi and Muttaqin, Muhammad and Listiawati, Milla Pengaruh metode pembelajaran Hypnoteaching terhadap berpikir kritis siswa pada materi Sistem Indera. -, Pengaruh Metode Pembelajaran Hypnoteaching Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Indera. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text)
1132060051 - Nevi Novianti.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh temuan bahwa dalam pembelajaran biologi di sekolah siswa sulit mengungkapkan pendapat dan memahami materi dengan mudah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem indera dengan menggunakan metode hypnoteaching. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimental desain dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan pada kelas XI IPA 1 menggunakan metode hypnoteaching berjumlah 33 siswa dan XI IPA 2 tanpa menggunakan metode hypnoteaching berjumlah 34 siswa. Rata-rata nilai pretest siswa tanpa menggunakan metode hypnoteaching sebesar 36,17 dan posttest 78,26, sedangkan yang menggunakan metode hypnoteaching diperoleh pretest 38,36 dan posttest 81,65. Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru 94% dan aktivitas siswa 91%. Rata-rata respon siswa diperoleh nilai 94%. Hasil uji t nilai posttest diperoleh 3,35 > 1,99 pada taraf signifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran hypnoteaching berpengaruh positif terhadap berpikir kritis siswa pada materi sistem indera.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Hypnoteaching, Berpikir Kritis, Sistem Indera
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:38
Last Modified: 17 Jan 2019 03:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4517

Actions (login required)

View Item View Item