Praktek transaksi pinjam-meminjam di Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah: Studi kasus Kampung Sukahurip Desa Talagasari Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis

Nurlaila, Ela (2021) Praktek transaksi pinjam-meminjam di Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah: Studi kasus Kampung Sukahurip Desa Talagasari Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (987kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Islam mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi dalam lingkup kajian ilmu Fiqih Muamalah yang dikenal dengan istilah Hukum Ekonomi Syariah. Manusia dalam menjalankan kehidupannya tidak terlepas dari permasalahan ekonomi, yakni manusia tidak luput dari kesulitan, kesusahan atau ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut membuat mereka terpaksa harus berhutang kepada orang yang dapat dikatakan mampu membantunya dengan cara meminjamkan sedikit harta ataupun barangnya dengan niat untuk menolong seksamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah mengenai pinjaman kredit dengan sistem Tanggung Renteng apabila salah satu nasabah wanprestasi, penerapan sistem bunganya apakah termasuk dalam kategori riba, serta kedudukan pemberian kredit pinjaman yang hanya ditujukan bagi nasabah perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan jenis data kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu: Wawancara yang dilakukan penulis pada pihak lembaga permodalan dan pihak nasabah beserta para tokoh masyarakat Kampung Sukahurip; Observasi secara langsung di tempat yang menjadi objek penelitian; Dokumentasi; dan Analisis Data. Data dianalisis melalui beberapa tahap seperti tahap reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa praktek transaksi pinjam-meminjam yang dilakukan sebagian besar masyarakat Kampung Sukahurip terhadap PNM Mekaar ini jika ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah termasuk kedalam kategori akad Qardh. Sistem yang digunakan dalam praktek tersebut adalah sistem tanggung renteng (berkelompok) dimana ketika ada salah satu anggota kelompoknya yang tidak mampu membayar maka akan dibebankan kepada anggota kelompok yang lain. Faktor-faktor tersebut membuat masyarakat kesulitan dalam melakukan angsuran yang harus mereka penuhi setiap minggunya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akad; Muamalah; PNM Mekaar; Qardh; Riba
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Riba
Financial Economics, Finance > Capital
Financial Economics, Finance > Credit
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ela Nurlaila
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:42
Last Modified: 21 Oct 2021 02:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45234

Actions (login required)

View Item View Item