Wacana keislaman dalam artikel Dahlan Iskan: Analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk dalam website disway.id

Kartika, Zulfah Ulyah (2021) Wacana keislaman dalam artikel Dahlan Iskan: Analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk dalam website disway.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah bil kalam atau berdakwah melalui tulisan merupakan salah satu cara dalam melaksanakan dakwah. Media yang telah hadir untuk memproduksi tulisan juga telah sangat banyak sampai saat ini. Salah satunya adalah website. Dengan memiliki website, kita dapat membagikan tulisan apa saya yang kita kehendaki. Termasuk tulisan dakwah. Sebuah tulisan tidak harus memiliki kata ‘dakwah’ untuk menandakan tulisan tersebut digolongkan sebagai tulisan dakwah. Selama memiliki nilai-nilai keilahian yang disampaikan secara tersurat maupun tersirat, maka sebuah tulisan dapat dikatakan sebagai tulisan dakwah. Website disway.id milik Dahlan Iskan pada dasarnya bukanlah merupakan website dakwah. Namun artikel-artikel dalam website disway.id mengandung nilai- nilai kebaikan yang dapat kita ambil. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian atas artikel-artikel website DI’S Way untuk mengetahui wacana keislaman yang dikandungnya dengan menggunakan analisis wacana kritis. Penelitian ini juga bertujuan melihat bagaimana wacana disampaikan dengan menganalisis struktur teks. Metode penelitian berupa kualitatif dengan menggunakan model analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk yang membedah tiap elemen dalam teks untuk menemukan makna sebenarnya melalui analisis struktur teks berupa makro struktur, suprastruktur dan mikro struktur. Model analisis ini juga melihat bagaimana suatu teks diproduksi dengan menggunakan analisis kognisi sosial. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dengan menganalisis teks sesuai dengan model analisis wacana kritis Van Dijk yang tidak hanya melihat makna teks secara besar, namun juga melihat makna tersembunyi yang didapat dengan menganalisis elemen kecil dalam teks seperti dengan mengamati koherensi, pengingkaran atau metafora. Peneliti juga mencoba mencari wacana-wacana keislaman dalam artikel dengan melihat wacana keislaman yang tampak atau secara tersurat seperti pembahasan langsung tentang Islam serta wacana keislaman yang tidak tampak atau secara tersirat dengan meneliti bagaimana penulis mengambil sikap terhadap sesuatu dan memaknai suatu situasi. Penelitian ini juga mengkorelasikan temuan wacana keislaman dengan data lain yang telah peneliti kumpulkan untuk membuktikan atau menjelaskan maksud dari wacana keislaman tersebut. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa artikel-artikel pada website DI’S Way dibangun sesuai dengan struktur teks yang dikonsepkan oleh Van Dijk. Artikel yang diteliti juga memproduksi wacana keislaman yang beragam serta argumen yang disampaikan penulis merupakan sebuah manifestasi atas kognisi sosial yang dimilikinya sehingga menentukan suatu makna atas tulisan yang diproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wacana Keislaman; Artikel; Website; Dakwah Bil Kalam; Teori Sudut Pandang; Analisis Wacana Kritis
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Islam Umum
Islam Umum > Karangan-karangan tentang Islam
Islam Umum > Kamus Agama Islam, Ensiklopedia Agama Islam
Islam Umum > Majalah Agama Islam, Jurnal Agama Islam, Penerbitan-penerbitan Berkala Islam
Islam Umum > Muslim, Orang Islam, Imam
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Literature
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zulfah Ulyah Kartika
Date Deposited: 22 Oct 2021 14:12
Last Modified: 22 Oct 2021 14:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45238

Actions (login required)

View Item View Item