Penerapan Model Pembalajaran Science Technology And Society (Sts) Untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Pemanasan Global (Penelitian Pada Siswa Kelas Vii Smpn 1 Pamanukan)

Eka, Rahmawati Shalehha and Ara Hidayat, Ara Hidayat and Meti Maspupah, Meti Maspupah (2017) Penerapan Model Pembalajaran Science Technology And Society (Sts) Untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Pemanasan Global (Penelitian Pada Siswa Kelas Vii Smpn 1 Pamanukan). Pustaka Hidayah, Penerapan Model Pembalajaran Science Technology And Society (Sts) Untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Pemanasan Global (Penelitian Pada Siswa Kelas Vii Smpn 1 Pamanukan).

[img]
Preview
Text
Jurnal PENERAPAN MODEL PEMBALAJARAN STS Untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Pemanasan GLobal (Eka Rahmawati Shalehha).pdf

Download (698kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsgd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model Science Technology and Society (STS) pada materi pemanasan global, serta menganalisis kemampuan literasi sains siswa sebelum dan setelah menggunakan model Science Technology and Society (STS). Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experiment dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII A dan VII C . Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi perangkat pembelajaran model Science Technology and Society (STS) untuk RPP 84.33% sedangkan LKS 80.5% dengan kriteria layak digunakan; (2) keterlaksanaan pembelajaran model Science Technology and Society (STS) di kelas VII A rata-rata mencapai 95.84% untuk aktivitas guru dan 80.13% untuk aktivitas siswa. Sementara keterlaksanaan pembelajaran model Science Technology and Society (STS) di kelas VII C rata-rata mencapai 97.92% untuk aktivitas guru dan 84.38% untuk aktivitas siswa; (3) hasil analisis N-gain rata-rata pencapaian literasi sains siswa mengalami peningkatan sebesar 0.51 dan 0.56 dengan kategori sedang, rata-rata pencapaian literasi sains siswa berada pada level 3 dan terjadi peningkatan pada level 5. Analisis uji t berpasangan dengan α 5% di kelas VII A nilai t hitung sebesar 8.77 sedangkan di kelas VII C sebesar 9.85. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Science Technology and Society (STS) dapat memberikan konstribusi terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pemanasan global.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: penerapan, model Science Technology and Society (STS), kemampuan literasi sains, pemanasan global.
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:22
Last Modified: 13 Oct 2017 07:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4525

Actions (login required)

View Item View Item