Analisis ciri kalimat jurnalistik pada media Epaper surat kabar: Studi pada berita utama surat kabar Pikiran Rakyat edisi 30 oktober - 3 desember 2020

Romdon, Atep Yanyan Saepul (2021) Analisis ciri kalimat jurnalistik pada media Epaper surat kabar: Studi pada berita utama surat kabar Pikiran Rakyat edisi 30 oktober - 3 desember 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan ciri kalimat jurnalistik dalam setiap penulisan berita merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama dalam berita utama. Berita utama dalam sebuah surat kabar merupakan berita yang paling penting karena berada di bagian paling depan dan harus memiliki daya tarik yang kuat. Akan tetapi, masih terdapat beberapa kalimat dalam berita utama surat kabar yang tidak menggunakan ciri kalimat jurnalistik dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan ciri kalimat jurnalistik benar dan logis, dimulai huruf kapital, sederhana dan ringkas, menarik dan lugas, serta deklaratif dan informatif dalam berita utama surat kabar Pikiran Rakyat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori studi pustaka. Teknik pengumpulan data studi pustaka peneliti lakukan dengan cara mengumpulkan data yang relevan atau sesuai yang dibutuhkan untuk penelitian dari buku, artikel ilmiah, berita, maupun sumber kredibel lainnya yang reiabel dan juga sesuai dengan topik penelitian. Metode analisis deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, supaya setiap berita dapat diteliti dan dijelaskan secara mendalam. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis yang berdasar pada paradigma ilmu pengetahuan dimana seluruh metode penelitiannya diletakkan pada epistimologi kritik Marxisme. Sedangkan untuk pengumpulan data, peneliti mengambil berita dari situs resmi epaper Pikiran Rakyat kemudian melakukan analisis dan observasi pada berita utama tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebagian besar berita utama surat kabar Pikiran Rakyat sudah menggunakan ciri kalimat jurnalistik benar dan logis, dimulai huruf kapital, sederhana dan ringkas, menarik dan lugas, serta deklaratif dan informatif dengan baik dan benar. Sebagian kecil berita utama yang ada dalam surat kabar Pikiran Rakyat tidak menggunakan ciri kalimat jurnalistik dengan baik dan benar karena kesalahan-kesalahan dasar seperti typo, penggunaan huruf kapital yang tidak sesuai dengan aturan dan kesalahan-kesalahan lainnya dalam berita utama yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kalimat Jurnalistik; Media Massa; Surat Kabar
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Atep Yanyan Saepul Romdon
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:54
Last Modified: 27 Oct 2021 04:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45467

Actions (login required)

View Item View Item