Pengaruh penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam : Penelitian di SMK Informatika Fithrah Insani Desa Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat

Astuti, Tanti Puji (2021) Pengaruh penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam : Penelitian di SMK Informatika Fithrah Insani Desa Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini dunia sedang menghadapi tantangan wabah virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) termasuk di Indonesia. Kementerian Pendidikan Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan dan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dengan meliburkan dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring) di rumah. Setelah adanya pembelajaran jarak jauh, guru di SMK Informatika Fithrah Insani telah menerapkan berbagai media sebagai perantara pembelajaran jarak jauh, diantaranya adalah penggunaan video. Berbagai kemudahan dan kesulitan tentu dirasakan oleh guru-guru, terutama media yang bisa dipakai agar pembelajaran tetap berlangsung dan prestasi belajar siswa tetap baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh di SMK Informatika Fithrah Insani, 2) Prestasi belajar pendidikan agama islam di SMK Informatika Fithrah Insani, dan 3) Pengaruh penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Informatika Fithrah Insani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan, dan metode analisis menggunakan uji regresi linier untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Untuk mengetahui pengaruh tersebut diperoleh dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Pengolahan data yang telah diperoleh dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh di SMK Informatika Fithrah Insani adalah cukup, hal ini terbukti dari hasil pengukuran tentang penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh yaitu sebanyak 23 siswa atau 54%. Hal ini disa dikonsultasikan dengan distribusi yang berada dalam interval skor 86 – 84 adalah cukup. (2) Prestasi belajar pendidikan agama islam pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Informatika Fithrah Insani adalah baik, hal ini terbukti dari hasil pengukuran tentang prestasi belajar pendidikan agama islam yaitu sebanyak 31 siswa atau 57%. Hal ini bisa dikonsultasikan dengan distribusi yang berada pada interval skor 61-80 adalah baik. (3) Pengaruh penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh di SMK Informatika Fithrah Insani adalah sedang, diperoleh dari hasil dari uji determinasi dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,409. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung (3,230) > ttabel (1,675). Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh antara penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di SMK Informatika Fithrah Insani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Video; Media Pembelajaran Jarak Jauh; Prestasi Belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tanti Puji Astuti
Date Deposited: 01 Nov 2021 09:04
Last Modified: 01 Nov 2021 09:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45637

Actions (login required)

View Item View Item