Pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin melalui lembaga zakat : Studi deskriptif di LAZIS Muhammadiyah Jawa Barat Jl. Sancang No. 6 Burangrang Kecamatan Lengkong Kota Bandung

Mubarok, Wisnu Pajri (2021) Pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin melalui lembaga zakat : Studi deskriptif di LAZIS Muhammadiyah Jawa Barat Jl. Sancang No. 6 Burangrang Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
2_Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Masalah kemsikinan merupakan persoalan yang tidak dapat dihindarkan oleh setiap negara terkhusus oleh negara berkembang seperti Indonesia. Perekonomian masyarakat yang merupakan penopang kehidupan mulai mendapat perhatian yang semakin hari semakin menjadi-jadi. Di Kota Bandung sendiri kemiskinan merupakan masalah yang harus senantiasa di atasi terutama dalam konidisi di tengah pandemi COVID-19 yang tidak sedikit masyarakat yang kehilangan pekerjaannya, maka dari itu pemberdayaan ekonomi masyarakat harus senantiasa di tingkatkan supaya dapat mengatasi, memperbaiki dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemberdayaan ekonomi sangat penting dilakukan dalam suatu masyarakat terutama masyarakat menengah ke bawah, karena dengan pemberdayaan ekonomi akan menjadi solusi agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kemandirian bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui program, pelaksanaan dan hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilaksanakan oleh LAZISMU Jawa Barat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, memenuhi kebutuhan hidupnya dan meminimalisir peningkatan kemiskinan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini merupakan metode yang bertujuan untuk mendeskrpsikan juga menggambarkan kejadian-kejadian yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya program pemberdayaan ekonomi yang dilaksanakan oleh LAZIS Muhammadiyah Jawa Barat sangat membantu masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya terutama masyarakat yang menerima manfaat atau para pelaku UMKM baik dalam level Mikro yaitu masyarakat yang sudah mempunyai usaha akan tetapi masih kacil dan belum berkembang ataupun Super Mikro yaitu masyarakat yang belum mempunyai usaha dan baru akan merintis usahanya dengan bantuan modal usaha yang diberikan oleh LAZISMU Jawa Barat. Dengan bantuan modal usaha yang diberikan kepada masyarakat kebutuhan hidupnya sudah mulai terpenuhi. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup saja tetapi juga dalam perkembangan usahanya bisa lebih maju lagi dengan pelatihan, arahan dan bimbingan yang diberikan masyarakat bisa berdaya dan menjadi lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi Masyarakat; Lembaga Zakat
Subjects: Econmics
Socialism and Related Systems
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wisnu Pajri Mubarok
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:15
Last Modified: 02 Nov 2021 02:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45793

Actions (login required)

View Item View Item