Pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap kesejahteraan Keluarga Miskin (KM) : Penelitian di Kelurahan Cibuntu Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung

Kamilah, Fitri (2021) Pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap kesejahteraan Keluarga Miskin (KM) : Penelitian di Kelurahan Cibuntu Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan yang terus bertambah dapat menyebabkan rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemberdayaan yang dapat meningkatkan kualitas masyarakat terutama dalam aspek pendidikan dan kesehatan, oleh karena itu perlu dipastikan program ini berjalan secara tepat sasaran agar tujuan dari program ini bisa lebih terealisasikan. Salah satu sasaran dari program ini yaitu masyarakat miskin di wilayah Kelurahan Cibuntu, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung yang pertama kali melaksanakan pada tahun 2013. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat penerapan Prongram Keluarga Harapan (PKH), tingkat kesejahteraan Keluarga Miskin (KM) dan seberapa besar pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap kesejahteraan Keluarga Miskin (KM) di Kelurahan Cibuntu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pengembangan masyarakat (PM) Edi Suharto, teori program, teori kesejahteraan sosial Midgley yang menyatakan kesejahteraan sosial adalah suatu keadaan kehidupan manusia ketika kebutuhan manusia dapat dipenuhi dan ketika kesempatan sosial dapat dimaksimalkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif yang lebih berfokus pada data angka dan menggunakan teknis analisis berupa statistik. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Penelitian ini menggunakan random sampling dengan 79 responden KPM PKH di Kelurahan Cibuntu yang terbagi dalam 10 RW dan dari 73 RT. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap kesejahteraan Keluarga Miskin (KM) di Kelurahan Cibuntu. Program Keluarga Harapan (PKH) masuk ke dalam kategori korelasi cukup kuat dengan nilai 0,527. Selanjutnya, nilai koefisien determinasi sebesar 0,278 yang artinya 27,8% kesejahteraan Keluarga Miskin (KM) di Kelurahan Cibuntu dipengaruhi oleh Program Keluarga Harapan (PKH) dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan; Program Keluarga Harapan; Kesejahteraan;
Subjects: Communities
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fitri Kamilah
Date Deposited: 03 Nov 2021 10:43
Last Modified: 03 Nov 2021 10:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45925

Actions (login required)

View Item View Item