Peran praktisi hubungan masyarakat dalam mensosialisasikan program Kotak Literasi Cerdas (KOLECER) Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Ihsaan, Muhammad Nabiil (2021) Peran praktisi hubungan masyarakat dalam mensosialisasikan program Kotak Literasi Cerdas (KOLECER) Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan GUNUNG djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat memberi perhatian bagi warga Jawa Barat yang tergolong masih rendah minat dalam membaca, kurangnya suka baca dan tidak suka menulis. Indeks membaca orang Indonesia sangatlah rendah. Pemerintah daerah provinsi mempunyai program yaitu kotak literasi cerdas atau disingkat menjadi Kolecer melalui Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah Jawa Barat. Program ini dilakukan bertujuan untuk menambah minat baca warga di pelosok daerah yang tidak terjangkau oleh dinas perpustakaan dan kearsipan daerah Jawa Barat. Kolecer ini merupakan perpustakaan jalanan yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya literitas serta meningkatkan minat baca masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ialah agar bisa mengetahui bagaimana bentuk sosialisasi ,tahapan-tahapan seperti apa yang dilakukan serta bagaimana evaluasi pada program kotak literitas cerdas atau kolecer yang dilakukan oleh Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif. Metode deskriptif merupakan suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Hasil dari penelitian ini yakni pertama bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah Jawa Barat yaitu dengan menggunakan dua bentuk sosialisasi dintaranya kunjungan langsung kesetiap kabupaten/kota di Jawa Barat dengan mengadakan siar keliling kemudian mensosialisasina di media sosialnya Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah Jawa Barat seperti Instagra, Facebook dan Twitter. Kedua tahapan dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi program kolecer Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat diantataranya survey melihat keadaan serat ciri khas dari daerah tersebut, mengatur waktu atau jadwal untuk mensosialisasikan program kolecer ini, menentukan sasaran target atau sasaran dalam program ini yaitu untuk masyarakat umum, terakhir pelaksanaan sosialisasi yaitu kunjungan langsung sambil menyerahkan kotak kolecer tersebut. Ketiga evaluasi akhir dari kegiatan sosialisasi program kolecer yang dilakukan oleh humas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat yaitu dengan melaporkan setiap kegiatan kolecer pada grup whatsapp serta meninjau respon masyarakat Jawa barat yang sangat antusias terhadap kolecer ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi; Peran Humas; Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Nabiil Ihsaan
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:25
Last Modified: 11 Nov 2021 02:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46148

Actions (login required)

View Item View Item