Interkoneksi multipel level representasi mahasiswa calon guru pada kesetimbangan dalam larutan melalui pembelajaran berbasis web

Chaidir, Ida Farida (2012) Interkoneksi multipel level representasi mahasiswa calon guru pada kesetimbangan dalam larutan melalui pembelajaran berbasis web. doktoral thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
Abstrak Disertasi.pdf - Other

Download (449kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran interkoneksi multipel level representasi (IMLR) berbasis web dan menganalisis dampaknya terhadap peningkatan kemampuan calon guru. Model dikembangkan melalui desain penelitian dan pengembangan dengan tiga tahap: tahap studi pendahuluan, perancangan model dan validasi. Setelah rancangan model divalidasi ahli dan diujicoba terbatas dengan 31 mahasiswa, dilakukan revisi model. Selanjutnya ujicoba lebih luas terhadap 37 mahasiswa menggunakan metode kuasi eksperimen: one group pretest-postes design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model memiliki karakteristik mengembangkan kemampuan IMLR mahasiswa melalui multimodal representasi yang disertai penugasan dan pertanyaan yang menggali pengetahuan, penciptaan iklim sosial dan asesmen online sebagai umpan balik kinerja belajar, 2) Kemampuan IMLR mahasiswa untuk setiap topik pada materi Kesetimbangan dalam Larutan meningkat dengan peningkatan lebih tinggi pada mahasiswa kategori tinggi dan tidak berbeda antara mahasiswa kategori sedang dan rendah. Peningkatan tertinggi pada Kesetimbangan Asam-basa dan terendah pada Larutan Penyangga, 3) Mahasiswa lebih mampu menyelesaikan masalah dengan pola interkoneksi diawali dari makroskopik menuju submikroskopik dan simbolik dibandingkan yang diawali dari submikroskopik menuju simbolik dan makroskopik; 4) Mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap model. Keunggulan model: memfasilitasi belajar secara multimodal representasi, memperbaiki pemahaman level submikroskopik, memperbaiki kemampuan memecahkan masalah dari makroskopik – simbolik menjadi enam pola interkoneksi dan memperbaiki pola belajar mahasiswa. Keterbatasannya: pengaksesan fitur-fitur web belum adaptif, feedback kurang cepat dan belum berupa uraian, tergantung ketersediaan bandwith internet dan kapasitas hosting yang memadai. Disarankan: pembelajaran dibuat adaptif, menyediakan lebih banyak soal dengan pola interkoneksi bervariasi, mengembangkan sistem scaning kata-kata kunci dan gambar submikroskopik untuk mempermudah skoring soal essay, pembelajaran perlu dikembangkan untuk topik kimia lain dan hendaknya institusi memfasilitasi ketersediaan perangkat keras dan jaringan internet dengan bandwith memadai.

Item Type: Thesis (doktoral)
Subjects: Special Computer Methods > Multimedia Systems
Education, Research
Chemistry and Allied Science > General Publications of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Organization and Management of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 35 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 12:51
Last Modified: 11 Mar 2019 02:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4649

Available Versions of this Item

  • Interkoneksi multipel level representasi mahasiswa calon guru pada kesetimbangan dalam larutan melalui pembelajaran berbasis web. (deposited 24 Oct 2017 12:51) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item