Perbuhan gaya hidup konsumtif buruh pabrik PT.Changshin Reksa Jaya: Studi deskriptif di Desa Ciburial Leles Kecamatan Leles Kabupaten Garut

Sidiq, Fajar Muhamad (2021) Perbuhan gaya hidup konsumtif buruh pabrik PT.Changshin Reksa Jaya: Studi deskriptif di Desa Ciburial Leles Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFATAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat buruh pabrik merupakan pekerja yang menggantungkan hidupnya pada industry dengan mendapatkan penghasilan dari hasil jerih payahnya. Akan tetapi perkembangan masyarakat dibarengi dengan perilaku konsumtif dimana masyarakat belum mampu untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan yang harus dipenuhi oleh masyarakat itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lunturnya pola hidup buruh pabrik masyarakat Desa Ciburial Leles yang terkenal dengan gaya hidup sederhana. Kemudian, pola hidup konsumtif buruh pabrik di Desa Ciburial Leles dan juga hal yang melatar belakangi buruh dalam berperilaku konsumtif pada masyarakat di Desa Ciburial Leles. Teori yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah teori dari jean baudrillard tentang konsumerisme sebagai sangkar yang akut bagi masyarakat karena sukarnya untuk mendefinisikan antara keinginan dan kebutuhan ditambah dengan banyaknya tayangan-tayangan yang mempertontonkan produk-produk melalui teknologi yang semakin menggugah hasrat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang jenis data primer diperoleh secara langsung dari lapangan atau objek penelitian. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder yang memakai teknik pengumpulan data; obeservasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini keadaan ekonomi masyarakat yang saat ini sudah berubah dimana masyarakat banyak yang bekerja sebagai buruh pabrik dan memilliki penghasilan yang berbeda dari sebelumnnya sehinngga hal demikian memberikan kesempatan pada masyarakat untuk membuka kebiasaan baru. Situasi social yang dewasa ini banyak di dominasi oleh masyarakat yang bekerja sebagaia buruh pabrik sehingga secara mayoritas masyarakat mampu menciptakan arus yang mengikis kehidupan sederhana yang sebelumnnya. Perilaku konsumtif diawali dengan adanya ketidak biasaan masyarakat yang dibenturkan dengan kondisi yang berbeda dari sebelummnya. Ketika sebelumnya masyarakat masih berada dalam keadaan yang memiliki penghasilan yang rendah dan sekrang memiliki penghasilan yang cukup tinggi sehingga menghasilkan perilaku yang dilaur kendali masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Buruh Pabrik; Konsumerisme; Masyarakat;
Subjects: Econmics
Econmics > Capitalism Economics
Production, Industrial Economics > Other Extractive Industries
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fajar Muhamad Sidiq
Date Deposited: 26 Nov 2021 00:43
Last Modified: 26 Nov 2021 00:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46498

Actions (login required)

View Item View Item