Strategi Branding pesantren Daarut-Tauhiid melalui program ECO-Pesantren : Deskriptif kualitatif pada program ECO-pesantren

Fadlurrahman, Naufal Ariq (2021) Strategi Branding pesantren Daarut-Tauhiid melalui program ECO-Pesantren : Deskriptif kualitatif pada program ECO-pesantren. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Pesantren Daarut-Tauhiid melakukan strategi branding yang berbentuk sebuah program, yang dimana progam ini bertujuan melestarikan alam. Program ini di sebut ECO-Pesantren, yang artinya pesantren berbasis lingkungan dengan melakukan upaya-upaya kegiatan penerapan pola hidup yang ramah lingkungan. Program ECO-Pesantren ini diharapkan akan memunculkan santri berintelektual islami, berbasis sikap spiritual serta dapat ikut serta dalam pembangunan bangsa yang mempunyai pola fikir berwawasan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi brandiing Pesantren Daarut-Tauhiid dalam menghadapi persaingan di masa kini. Strategi ini mencakup mulai dari tahap penyusunan perencanaan membangun brand, tahap mengenalkan brand kepada publik, baik publik internal maupun eksternal, dan juga tahap membangun media relations. Peneliti menggunakan Strategic Brand Management Process dari Kevin Lane Keller sebagai acuan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan maksud untuk menggambarkan, meringkas berbagai realitas yang dihadapi Pesantren Daarut-Tauhiid dalam melakukan branding untuk menghadapi persaingan di masa kini sebagai fenomena yang berkembang di masyarakat. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan interpretif dengan maksud untuk menjelaskan fenomena yang akan diteliti dan pengumpulan data penelitian dengan cara wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi branding yang dilakukan Pesantren Daarut-Tauhiid untuk menghadapi persaingan di masa kini tersusun dengan beberapa tahapan proses, yaitu; 1) Tahap perencanaan penyusunan membangun dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu menentukan brand yang berawal dari visi-misi, menggunakan metode sosialisasi, menentukan tujuan dari brand, menentukan attribute, menentukan konsultan brand, dan menentukan segmentasi brand; 2) Tahapan mengenalkan brand kepada publik dilakukan dengan beberapa tahap yaitu dilakukan dengan melakukan kajian-kajian, perkumpulan di publik internal, pemilihan media sebagai alat mempublish brand kepada publik internal, dan tahapan pemilihan media sebagai alat publish kepada publik eksternal; 3) Tahapan melakukan media relations dilakukan dengan tiga cara yaitu dengan melakukan koordinasi kepada pihak media, melakukan kegiatan yang dilakukan oleh seorang figure, tahapan menentukan segmentasi dari menggunakan media luar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Branding; Brand Equity; Brand Awareness; Brand Positioning.
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Naufal Ariq Fadlurrahman
Date Deposited: 12 Jan 2022 05:36
Last Modified: 12 Jan 2022 05:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/47741

Actions (login required)

View Item View Item