Fungsi divisi humas dalam mensosialisasikan kegiatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pandemi covid-19 : Studi deskriptif di divisi humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat

Livieri, Loka Arrum (2021) Fungsi divisi humas dalam mensosialisasikan kegiatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pandemi covid-19 : Studi deskriptif di divisi humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

BPBD Provinsi Jawa Barat adalah lembaga pemerintah non-departemen yang melaksanakan tugas-tugas dalam penanggulangan bencana di daerah kabupaten dan kota di provinsi Jawa Barat dengan berpedoman pada kebijakan yang ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Sosialisasi kegiatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) merupakan sosialisasi dalam upaya menanggulangi dari pandemi Covid-19 (corona virus disease 2019). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana BPBD Provinsi Jawa Barat dalam melaksanakan sosialisasi kegiatan AKB. Penelitian ini menggunakan model PIE (Perencanaan, Implementasi, Evaluasi) dan teori strukturasi. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme yang merupakan paham penelitian yang melihat pada realita (sosial) yang dibangun oleh pemaknaan dari subjek yang di dalamnya. Paradigma ini memandang atau melihat suatu realita yang relatif, karena bergantung dari pengalaman peneliti yang melakukannya serta hal itu dapat digeneralisasikan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yang dilakukan dengan menggali, mencari penjelasan mengenai peristiwa-peristiwa atau fenomena sosial dari subjek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif, karena peneliti ingin menelaah dan mendeskripsikan bagaimana tahapan-tahapan dalam sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas atau kegiatan selama pelaksanaan sosialisasi AKB oleh BPBD Provinsi Jawa Barat. Sosialisasi AKB dilaksanakan dengan pendekatan langsung dengan mengadakan program pembagian masker, edukasi dan penyemprotan disinfektan, selain itu sosialisasi dilakukan melalui media sosial yaitu instagram, facebook dan twitter. Setelah dilaksanakannya sosialisasi kegiatan AKB, terdapat masyarakat yang mulai menaati protokol kesehatan dan kasus covid-19 di Jawa Barat yang menurun yakni September 2021 sebanyak 4.413 kasus. Meskipun demikian, terdapat masyarakat yang masih belum mengetahui dan memahami pandemi covid-19 sehingga masih ada yang abai aturan protokol kesehatan serta kurangnya personil atau staf yang merupakan tantangan dan hambatan selama pelaksanaan sosialisasi AKB. Upaya yang dilakukan yakni dengan memberikan edukasi kepada publik dan menambah personil dari berbagai instansi dan organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: sosialisasi; hubungan masyarakat; BPBD Provinsi Jawa Barat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Loka Arrum Livieri
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:19
Last Modified: 21 Jan 2022 07:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48191

Actions (login required)

View Item View Item