Pengaruh pendisiplinan pegawai oleh Kepala Dinas terhadap produktivitas kerja pegawai di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuningan

Priyatna, Fiki (2013) Pengaruh pendisiplinan pegawai oleh Kepala Dinas terhadap produktivitas kerja pegawai di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuningan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

Pendisiplinan pegawai merupakan peranan dan kedudukan sumber daya manusia yang demikian besar dalam suatu organisasi, dengan segala heterogenitas dan kompleksitasnya perlu dikelola agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab dalam upaya mencapai produktivitas kerja pegawai dalam suatu kepentingan individu dan kepentingan organisasi. Akan tetapi kenyataannya, masalah pendisiplinan pegawai masih menjadi persoalan besar di Kabupaten Kuningan. Hal ini ditandai dengan masih adanya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi tanpa menghiraukan aturan-aturan yang telah ditetapkan serta masih rendahnya pendisiplinan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuningan. Atas dasar fenomena itulah yang melatarbelakangi penulis menyusun laporan tugas akhir skripsi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi dalam Pendisiplinan Pegawai yaitu, Tujuan dan kemampuan, Teladan pimpinan, Balas jasa, Keadilan, Pengawasan melekat, Sanksi hukuman, Ketegasan, dan Hubungan kemanusiaan berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuningan. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuningan. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 54 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan teori Hasibuan (2010) yang mengemukakan ada delapan model yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja yaitu Tujuan dan kemampuan, Teladan pimpinan, Balas jasa, Keadilan, Pengawasan melekat, Sanksi hukuman, Ketegasan, dan Hubungan kemanusiaan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, karena merupakan metode yang di gunakan untuk mengetahui hubungan maupun pengaruh antara dua variabel atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pendisiplinan pegawai (tujuan dan kemampuan, teladan pimpinan, balas jasa, keadilan, pengawasan melekat, sanksi hukuman, ketegasan, dan hubungan kemanusiaan) terhadap produktivitas kerja pegawai di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuningan sebesar 0,654 atau 65,4% sisanya 34,6% merupakan kontribusi dari faktor lain di luar pendisiplinan pegawai yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa presentase pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yaitu sebesar 65,4% masuk dalam kriteria pengaruh yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang baik dari Pendisiplinan terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuningan. Hal ini menunjukkan pendisiplinan memiliki peran yang cukup penting dalam produktivitas kerja pegawai Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuningan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendisiplinan pegawai; Produktivitas kerja pegawai;
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:20
Last Modified: 23 Jul 2019 01:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item