Strategi komunikasi dakwah Bil-Hal Ustadz Yusuf Mansur dalam meningkatkan ibadah karyawan: Penelitian di PT Veritra Sentosa Internasional Bandung Jawa Barat

Dama, Resiana Soparia (2021) Strategi komunikasi dakwah Bil-Hal Ustadz Yusuf Mansur dalam meningkatkan ibadah karyawan: Penelitian di PT Veritra Sentosa Internasional Bandung Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi yang kompleks pada ruang lingkup kecil seperti pada sebuah perusahaan, memerlukan tekhnik atau metode komunikasi yang tepat. Ustadz Yusuf Mansur sebagai seorang pendakwah, serta pemimpin di PT. Veritra Sentosa Internasional Bandung, memiliki tanggungjawab atas tercapainya tujuan perusahaan sekaligus tersebarnya pesan-pesan Islamiyah pada perusahaan tersebut. Adanya etos kerja yang baik dan semangat ibadah para karyawannya, menjadi sebuah fenomena yang menarik bagi penulis untuk diteliti. Yang berarti adanya keseimbangan dari Ustadz Yusuf Mansur sebagai seorang da’i dan sebagai pemimpin. Komunikasi pemimpin dan komunikasi dakwah menjadi dasar pemikiran peneliti dalam mengembangkan data mengenai strategi komunikasi dakwah dengan menggunakan teori behaviorisme sebagai sumber lain dari data hasil wawancara dan observasi. Tujuan penelitian ini untuk memahami bentuk startegi komunikasi dakwah bil-hal Ustadz Yusuf Mansur terhadap para karyawan. Kemudian untuk mengetahui media yang digunakan serta beberapa faktor pendorong dan penghambat dan dakwah bil-hal Ustadz Yusuf Mansur di Perusahannya. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode tersebut digunakan untuk menguraikan secara lengkap dan faktual mengenai fenomena atau kenyataan sosial dengan cara mendeskripsikan yang berkenaan dengan apa yang terkandung dalam objek penelitian ini, yaitu strategi komunikasi dakwah bil-hal Ustadz Yusuf Mansur dalam meningkatkan ibadah karyawan. Menggunakan teori behaviorisme dan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa agar misi dakwah Ustadz Yusuf Mansur terhadap karyawannya direspon dan diikuti dengan tidak terpaksa, beliau memberikan motivasi berupa hadiah Umroh bagi setiap karyawan di PT. Veritra Sentosa Internasional yang mengikuti kegiatan ibadah yang dianjurkan oleh Ustadz Yusuf Mansur. Media yang digunakan oleh Ustadz Yusuf Mansur dalam strategi dakwah nya tersebut adalah menggunakan media lisan, media tulisan dan media gambar. Karena berlatar belakang sebagai seorang da’i, pesan-pesan dakwah yang disampikannya mudah diterima oleh para karyawan, sehingga ini menjadi salahsatu factor pendukung strategi dakwah beliau, Sedangkan faktor penghambat dan pendorong dakwah bil-hal Ustadz Yusuf Mansur adalah hambatan psychosocial dan hambatan physical.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Pemimpin; Startegi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Resiana Soparia Darma
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:33
Last Modified: 10 Feb 2022 05:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48925

Actions (login required)

View Item View Item