Evaluasi program pembangunan infrastruktur di Desa Mandala Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap: Studi kasus di Kantor Desa Mandala Kecamatan Cimanggu kabupaten Cilacap

Saugi, Muhammad Ibnu (2022) Evaluasi program pembangunan infrastruktur di Desa Mandala Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap: Studi kasus di Kantor Desa Mandala Kecamatan Cimanggu kabupaten Cilacap. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi program adalah bagian akhir dari suatu proses kebijakan program yang dipandang sebagai pola aktivitas yang berurutan. Program pembangunan infrastruktur merupakan bantuan program pembangunan yang diarahkan untuk mendorong ekonomi masyarakat agar lebih sejahtera. Program pembangunan infrastruktur menerapkan pola partisipasi masyarakat dimana masyarakat dapat memilih pembangunan infrastruktur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan yang diperlukan masyarakat sekitar. Program pembangunan infrastruktur merupakan rencana pemerintah desa yang harus direalisasikan untuk kepentingan masyarakat desa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui mengenai pelaksanaan program pembangunan infrastruktur di Desa Mandala Kecamatan Cimaggu Kabupaten Cilacap, Untuk mengetahui mengenai kendala atau hambatan apa saja yang dihadapi perangkat desa dalam merealisasikan program pembangunan infrastruktur di Desa Mandala Kecamatan Cimaggu Kabupaten Cilacap, dan Untuk mengetahui Upaya apa yang dilakukan Pemerintah Desa Mandala terkait program pembangunan infrastruktur yang tidak sepenuhnya terealisasikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori evaluasi menurut Husein yang terdiri dari tiga aspek utama dalam mengevaluasi suatu program yaitu Evaluasi Manfaat, Evaluasi Akurat, dan Evaluasi Layak. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan materi audio visual. Kemudian dalam teknik analisis data menggunakan enam teknik yaitu mengolah dan mempersiapkan, membaca keseluruhan data, menganalisis dengan meng-coding data, menerapkan proses coding, penyajian data, dan interpretasi. Informan Pda penelitian ini dipilih dengan teknik sampling purposeful. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyimpulkan bahwa program pembangunan infrastruktur di desa mandala dinilai sudah cukup optimal, karena masih ada beberapa program yang belum sepenuhnya terealisasikan khususnya dalam hal program pembangunan infrastruktur. Hambatan yang dialami pemerintah desa dalam merealisasikan program pembangunan infrastruktur ini terletak pada tekstur tanah yang selalu bergeser dan anggaran yang terbagi karena kita berada pada situasi pandemi Covid-19 ini. Namun pemerintah desa mandala sudah mempunyai solusi untuk mengatasi program-program yang sepenuhmya belum terealisasikan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Program; Pembangunan Infrastruktur
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Muhammad Ibnu Saugi
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:49
Last Modified: 14 Feb 2022 01:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48983

Actions (login required)

View Item View Item