Objektivitas berita penggusuran Tamansari : Analisis isi penerapan objektivitas berita penggusuran Tamansari kota Bandung pada situs Ayobandung edisi desember 2019

Budiman, Agung (2021) Objektivitas berita penggusuran Tamansari : Analisis isi penerapan objektivitas berita penggusuran Tamansari kota Bandung pada situs Ayobandung edisi desember 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Penggusuran Tamansari pada tahun 2019 menjadi sorotan berbagai media massa terutama bagi media massa di Bandung. Bukan hanya karena isu penggusuran yang sudah lama dicanangkan oleh pemerintah kota Bandung, namun karena keabsahan aksi penggusuran yang masih ada di garis abu-abu. Pada saat penggusuran dilakukan, belum ada kepastian perihal kepemilikan tanah yang sudah dimiliki pemerintah kota Bandung atau memang sudah milik masyarakat Tamansari sedari dulu. Media massa bisa menjadi jembatan untuk mengetahui informasi lebih lanjut perihal aksi penggusuran Tamansari yang telah terjadi dengan bersifat objektivitas agar masyarakat hafal dan mengetahui kebenaran yang terjadi pada aksi penggusuran Tamansari. Ada 4 unsur yang dibutuhkan dalam mengetahui sifat objektif dalam suatu berita, yaitu kebenaran, relevansi, keseimbangan, dan netralitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui objektivitas berita pada salah satu media massa di daerah Bandung yaitu AyoBandung. Untuk mendukung penelitian, metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis isi kualittatif dengan pendekatan deskriptif. Metode tersebut bertujuan untuk menjabarkan unsur-unsur dan karakteristik suatu pesan secara deskriptif. Selanjutnya, penelitian ini juga menggunakan konsep objektivitas yang dikemukakan oleh Jurgen Westersthal dimana dapat diketahui suatu berita memiliki sifat objektivitas atau tidak didalam beritanya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh berita dengan total 7 berita dalam unsur kebenaran ditemukan seluruh berita sudah memiliki kriteria unsur kebenaran, lalu pada unsur relevansi juga memberikan hasil keseluruhan berita sudah memiliki kriteria unsur relevansi di dalamnya, selanjutnya pada unsur keseimbangan, 5 berita sudah memiliki kriteria unsur keseimbangan dan 2 berita lain tidak seimbang dikarenakan hanya fokus pada satu narasumber saja, terakhir pada unsur netralitas ditemukan bahwa keseluruhan berita sudah memiliki kriteria netralitas di dalam beritanya. Maka bisa dipastikan dalam 7 berita yang sudah diteliti, 5 berita sudah mengandung atau memiliki sifat objektivitas sementara 2 berita lain tidak mengandung objektivitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Objektivitas; Penggusuran; Tamansari
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Agung Budiman
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:50
Last Modified: 16 Feb 2022 06:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49077

Actions (login required)

View Item View Item