Pandangan penghulu Kantor Urusan Agama Coblong terhadap kriteria saksi dalam perkawinan dihubungkan dengan Pasal 25 Kompilasi Hukum Islam

Muhamad, Yusuf (2022) Pandangan penghulu Kantor Urusan Agama Coblong terhadap kriteria saksi dalam perkawinan dihubungkan dengan Pasal 25 Kompilasi Hukum Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pandangan Penghulu Kantor Urusan Agama Coblong terhadap kriteria saksi dalam perkawinan. Penghulu Kantor Urusan Agama Coblong berpendapat terkait kriteria saksi dalam perkawinan yang tidak termaktub dalam kriteria saksi dalam pernikahan yang telah diatur oleh Kompilasi Hukum Islam Pasal 25. Diantaranya kriteria saksi dalam pernikahan dalam Kompilasi Hukum Islam Pasal 25, seorang laki-laki muslim, adil, aqil, baligh, tidak terganggu ingatan dan tidak tuna rungu atau tuli. Adapun pendapat Penghulu Kantor Urusan Agama Coblong terkait kriteria saksi dalam perkawinan Agus Tatang Gunawan mengatakan, bahwa saksi disyaratkan paham terkait hukum-hukum pernikahan (saksi paham hukum agama) dan saksi disyaratkan dapat memberikan solusi (memediasi) bila suatu saat ada masalah diantara pasangan yang melangsungkan aqad nikah, dimana dirinya menjadi saksi, baik dari pihak laki-laki maupun dari pihak perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria saksi perkawinan yang tidak termaktub dalam Pasal 25 Kompilasi Hukum Islam dalam pandangan Penghulu Kantor Urusan Agama Coblong, mengetahui pandangan Penghulu Kantor Urusan Agama Coblong dalam menentukan sifat saksi adil dalam perkawinan dan mengetahui alasan pandangan Penghulu Kantor Urusan Agama Coblong terhadap dua kriteria saksi perkawinan yang tidak termaktub dalam Pasal 25 Kompilasi Hukum Islam. Penelitian ini bertolak dari sebuah aturan mengenai kriteria saksi dalam perkawinan, berdasarkan ketentuan Pasal 25 Kompilasi Hukum Islam bahwa yang dapat ditunjuk sebagai saksi dalam perkawinan, seorang laki-laki muslim, adil, aqil, baligh, tidak terganggu ingatan dan tidak tuna rungu atau tuli. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori sifat adil bagi saksi. Metode Penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif analitis yaitu hasil penelitian, baik yang berbentuk data hasil studi dokumen yang mendeskripsikan peraturan perundang-undangan yang berlaku dihubungkan dengan teori-teori hukum serta praktek penegakan hukum yang berkaitan problematik ataupun penelitian lapangan yang berbentuk hasil pengamatan di analisa secara kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pendapat Penghulu Kantor Urusan Agama Coblong terhadap kriteria saksi dalam perkawinan diantaranya, saksi disyaratkan paham terkait hukum-hukum pernikahan, dan saksi disyaratkan dapat memberikan solusi dengan adil bila suatu saat ada masalah diantara pasangan yang melangsungkan akad nikah, dimana dirinya menjadi saksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Saksi Adil; Perkawinan; Penghulu Kantor Urusan Agama
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Nikah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Rukun Nikah, Akad Nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Yusuf Muhamad
Date Deposited: 09 Mar 2022 01:36
Last Modified: 09 Mar 2022 01:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/49543

Actions (login required)

View Item View Item