Difusi inovasi dalam kegiatan komunikasi pembangunan sebagai media dakwah : Studi kasus Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung

Rabbani, Gian (2021) Difusi inovasi dalam kegiatan komunikasi pembangunan sebagai media dakwah : Studi kasus Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

PIPPK merupakan inovasi komponen ide yang kegiatan pembangunan dan pemberdayaannya dituangkan dalam regulasi secara spesifik, setiap kegiatan PIPPK mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan seluruhnya diinisiasi oleh masyarakat. Keunikan yang ada pada kegiatan PIPPK di Kelurahan Tamansari ini terlihat dari hasil realisasi kegiatan PIPPK yang tinggi sebesar 95,50% namun ternyata dalam pelaksanaannya masih belum sesuai dengan regulasi. Dengan demikian perlu penelitian mendalam dalam membahas gejala tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi desain difusi inovasi sistem komunikasi pembangunan pada PIPPK, mendeskripsikan saluran komunikasi pembangunan pada PIPPK di Kelurahan Tamansari, mendeskripsikan proses implementasi difusi inovasi komunikasi pembangunan PIPPK di Kelurahan Tamansari dan analisis tingkat penerimaan masyarakat Kelurahan Tamansari terhadap PIPPK. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus, serta didukung dengan menggunakan teori difusi inovasi Everet M. Rogers sebagai acuan penelitian, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Desain difusi inovasi komunikasi pembangunan PIPPK dirancang sebagai upaya pemerataan pembangunan. Setiap kegiatannya diinisiasi oleh masyarakat. Masyarakat tidak merasakan kesulitan dalam menjalankan kegiatan PIPPK. Saluran komunikasi pada PIPPK menggunakan surat dan diskusi secara langsung (komunikasi kelompok), pada proses implementasi difusi inovasi komunikasi pembangunan pada tahap pemberian pengetahuan inovasi PIPPK terhadap masyarakat telah dilaksanakan satu tahun sebelum kebijakan PIPPK dijalankan, namun asumsi masyarakat terhadap PIPPK hanya fokus terhadap pembangunan bukan pemberdayaan. Kemudian pada tahap presuasi Kelurahan Tamansari mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif pada setiap kegiatan yang dijalankan. Kegiatan PIPPK mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Kelurahan Tamansari, terlihat dari partisipasi masyarakat yang tinggi. Oleh karena itu masyarakat telah menerima PIPPK secara menyeluruh, namun terdapat kurangnya pemahaman sumber daya terhadap regulasi yang menimbulkan asumsi PIPPK hanya berfokus terhadap pembangunan saja bukan pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Difusi Inovasi; Komunikasi Pembangunan; Inovasi Pembangunan; dan Pemberdayaan;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Gian Rabbani 1144040028
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:41
Last Modified: 14 Apr 2022 06:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50333

Actions (login required)

View Item View Item