Penggunaan kalimat efektif dalam teks berita utama surat kabar Tribun Jabar: Analisis isi teks berita utama halaman satu surat kabar Tribun Jabar Edisi Juli 2012

Yuhendry, Henhen (2013) Penggunaan kalimat efektif dalam teks berita utama surat kabar Tribun Jabar: Analisis isi teks berita utama halaman satu surat kabar Tribun Jabar Edisi Juli 2012. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Pada era informasi sekarang ini, surat kabar masih menjadi media yg efektif, efesien dan strategis mempengaruhi khalayak. Secara sederhana, media harus mampu memberikan ¬feedback yang positif dalam menyampaikan pesan komunikasinya, sehingga bahasa bagi media memiliki peranan yang penting, khususnya menyampaikan berita kepada khalayak umum. Karena itu berita yang disajikan selayaknya menggunakan kalimat efektif. Untuk penelitian ini penulis mengambil berita utama halaman satu Surat Kabar Tribun Jabar sebagai objek penelitian, karena menurut lembaga survey Swasta, Nielsen Media Inde, Tribun Jabar menjadi Koran No. 1 di Jawa Barat dengan perolehan pembaca 4,28 persen. Berdasarkan hasil survey tersebut, penulis merasa tertantang untuk meneliti sejauh mana penggunaan kalimat efektif yang ada di Surat Kabar Tribun Jabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif yang di gunakan dalam Surat Kabar Tribun Jabar. Penelitian ini bertolak dari pemikiran, bahwa jika pesan ingin tersampaikan dengan baik oleh komunikan (pembaca), maka kalimat-kalimat yang terkandung dalam surat kabar harus mernggunakan kalimat efektif. Kerangka pemikiran yang dipakai penulis mengacu kepada cirri-ciri kalimat efektif. Seperti yang dikemukakan dalam buku Bahasa Jurnalistik (2006), yaitu: Kesatuan atau Kesepadanan, Kepaduan atau Koherensi, Kesejajaran atau Keparalelan, Penekanan titik berat, dan Kelogisan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analisis), penulis mencoba meneliti isi kalimat yang ada dalam teks berita utama Surat Kabar Tribun Jabar yang menggunakan kalimat efektif, dan kalimat tidak efektif, teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian yang terkandung dalam berita utama Surat Kabar Tribun Jabar edisi Juli 2012, bahwa dari 31 sampel berita utama yang dianalisis peneliti, tidak semua berita utama yang disajikan menggunakan kalimat efektif. Dari keseluruhan 31 sampel tersebut ada 1122 kalimat, dan dari 1122 kalimat itu terdapat 887 kalimat efektif atau 79,05%. Sedangkan kalimat yang tidak efektif dari 1122 hanya terdapat 235 kalimat. Demikian peneliti dapat simpulkan bahwa pada Surat Kabar Tribun Jabar, penggunaan kalimat efektifnya masih cukup baik dibanding kalimat tidak efektifnya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis yang diteliti, bahwa kalimat efektif masih mendominasi dalam keseluruhan kalimat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kalimat efektif; berita; surat kabar; Tribun Jabar;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 01:34
Last Modified: 30 Jul 2019 01:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item