Putusan Pengadilan Negeri Baleendah nomor: 117/Pid.B/2021/PN Blb tentang sanksi tindak pidana pembunuhan sengaja perspektif hukum pidana Islam

Gustami, Denia Aulia (2022) Putusan Pengadilan Negeri Baleendah nomor: 117/Pid.B/2021/PN Blb tentang sanksi tindak pidana pembunuhan sengaja perspektif hukum pidana Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (844kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

Membicarakan kehidupan manusia tidak terlepas dari kasus kejahatan seperti merampas nyawa orang lain atau pembunuhan. Pembunuhan adalah merampas atau mengilangkan nyawa orang lain dengan sengaja. Pembunuhan terjadi karna adanya beberapa faktor pendukung salah satunya ketidak sengajaan, dendam, dan unsur kesengjaan. Dalam Putusan Nomor 117/Pid.B/2021/PN Blb tentang pembunuhan sengaja ini dapat dilihat dari ancaman kedua hukuman yang berbeda. Indonesia yang sebagian besar penduduknya adalah beragama Islam, dalam hal ini akan melihat perbedaan hukuman yang ditetapkam oleh kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) atas pembunhan sengaja, sedangkan dalam hukum Islam telah menetapkannya didalam Al-Qur’an yaitu Qishash. Tujuan penelitian ini yaitu: mengetahui pertimbangan hukum hakim dalam Putusan Nomor: 117/Pid.B/2021/PN Blb yang berkenaan dengan pembunuhan sengaja, juga unutuk mengetahui akibat hukum dari putusan hakim pada putusan Nomor: 117/Pid.B/2021/PN Blb dalam hukum postifnya, serta mengetahui sanksi bagi pelaku pembunuhan sengaja atas putusan hakim Nomor: 117/Pid.B/2021/PN Blb Perspektif hukum pidana Islam. Pembunuhan sengaja dalam putusan Nomor: 117/Pid.B/2021/PN Blb diatur dalam pasal 338 KUHP dan diancam 15 tahun penjara. Dalam kasus yang sangat sadis ini terdakwa membunuh korban dengan sengaja selaku istrinya, dalam kasus putusan ini terdakwa terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan sengaja, dan dalam hukum Pidana Islam pembunuhan tersebut masuk kedalam jarimah Qishahs. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis). Penelitian yang bersifat pembahasan terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak atau menganalisis semua bentuk dokumentasi. Yang menjadi sumber data primennya putusan pengadilan negeri Baleendah Nomor: 117/Pid.B/2021/PN Blb dan data sekunder melalui buku dan dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian. Pertimbangan putusan hakim Nomor: 117/Pid.B/2021/PN Blb terdakwa dikenakan pasal 338 KUHP, akibat hukum dari perbuatan tersebut terdakwa dijatuhkan hukuman penjara selama 15 tahun. Dalam hukum pidana islam sanksi yang dijatuhkan terhadap pelaku pembunuhan sengaja termasuk ke dalam hukuman pokok yaitu qishash ataupun diyat apabila mendapatkan maaf dari wali korban. Kasus pembunuhan sengaja dalam Putusan ini Hakim perlu juga melihat dari unsur-unsur pembunuhan sengaja yang dilakuan korban kepada istrinya dan diberikan hukuman yang sangat adil atas perbuatannya tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembunuhan; qishash; KUHP
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perbandingan Hukum Pidana Islam dengan Hukum Lain
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Denia Aulia Gustami
Date Deposited: 24 May 2022 01:19
Last Modified: 24 May 2022 01:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51410

Actions (login required)

View Item View Item