Pengaruh rasio lancar dan perputaran persediaan terhadap laba perusahaan: Studi kasus pada PT. Primarindo Asia Infrastructure TBK periode Tahun 2000-2011

Rahayu, Purwanti Sri (2013) Pengaruh rasio lancar dan perputaran persediaan terhadap laba perusahaan: Studi kasus pada PT. Primarindo Asia Infrastructure TBK periode Tahun 2000-2011. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2abstrak.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3daftarisi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Tujuan didirikan perusahaan untuk memperoleh laba secara maksimal dan memaksimalkan nilai perusahaan sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dan para pemegang saham. Dalam menganalisis dan menilai kondisi keuangan serta prospek pertumbuhan labanya dapat dilakukan dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis pengaruh rasio lancar terhadap laba perusahaan (2) menganalisis pengaruh perputaran persediaan terhadap laba perusahaan dan (3) menganalisis pengaruh rasio lancar dan perputaran persediaan terhadap laba perusahaan. Laba perusahaan pada penelitian ini di diukur dengan menggunakan rasio Net Profit Margin pada PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk dalam 12 tahun terakhir. Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah laba perusahaan yang diukur dengan menggunakan rasio Net Profit Margin sebagai variabel dependen, rasio ini untuk mengukur laba per penjualan. Variabel independennya ialah rasio lancar dan perputaran persediaan, rasio lancar merupakan kemampuan aktiva lancar perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek, sedangkan perputaran persediaan ialah rasio yang menunjukkan seberapa cepat persediaan dalam siklus normal. Semakin cepat perputarannya semakin baik karena dianggap penjualan berjalan cepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verivikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis menggunakan uji “t” dan uji “F” dengan bantuan SPSS 20.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio lancar berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan. Tingkat hubungan korelasi sangat kuat dan kontribusi pengaruh rasio lancar terhadap laba perusahaan sebesar 71,3%. Perputaran persediaan pada penelitian ini tidak berpengaruh. Tingkat hubungan korelasi sedang dan kontribusi pengaruh perputaran persediaan terhadap laba perusahaan sebesar 31,7%. Sedangkan secara simultan rasio lancar dan perputaran persediaan terhadap laba perusahaan berpengaruh positif signifikan. Tingkat hubungan korelasi sangat kuat, kontribusi pengaruh rasio lancar dan perputaran persediaan terhadap laba perusahaan sebesar 72,9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasio Lancar; Perputaran Persediaan; Laba
Subjects: Accounting > Auditing
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:20
Last Modified: 01 Aug 2019 04:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item