Pengaruh Self-Efficacy siswa terhadap hasil belajar mereka: Penelitian kuantitatif pada mata pelajaran Fikih kelas XI MAN 1 Garut

Yasmin RF, Firyal (2022) Pengaruh Self-Efficacy siswa terhadap hasil belajar mereka: Penelitian kuantitatif pada mata pelajaran Fikih kelas XI MAN 1 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semangat siswa tampak berkurang, siswa banyak yang pasif dan bergantung pada pengajar saja. Nilai siswa rata-rata dibawah nilai KKM, mengerjakan PR di kelas ketika sudah waktunya dikumpulkan, dan tidak sedikit pula siswa mencontek saat mengerjakan soal ulangan dikarenakan tidak mempersiapkan belajar yang menyebabkan tidak yakin akan kemampuannya. Tentunya hal itu akan berpengaruh terhadap hasil belajar kedepannya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Self-Efficacy terhadap hasil belajar fikih siswa kelas XI MAN 1 Garut dengan rumusan sebagai berikut; 1) Untuk mengetahui Self-Efficacy siswa kelas XI di MAN 1 Garut; 2) Untuk mengetahui hasil belajar fikih siswa kelas XI di MAN 1 Garut; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif Self-Efficacy Siswa terhadap hasil belajar mereka pada mata pelajaran fikih siswa kelas XI di MAN 1 Garut. Kerangka berfikir dalam penelitian ini yaitu pada dasarnya Self-Efficaccy merupakan keyakinan yang dimiliki tiap individu untuk menunjukan performansi tertentu yang dapat mempegaruhi kehidupannya. Konsep ini menekankan pada keyakinan siswa bahwa individu bisa, yakin, mampu dalam menghadapi permasalahan belajar dan memutuskan tindakannya supaya memiliki kepercayaan bahwa ia dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan hasil yang optimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, metodenya menggunakan metode korelasi dengan jenis penelitian applied research. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang berasal dari populasi dan sampel, juga sumber data sekunder sebagai sumber pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis validitas dan reliabilitas, anilisis korelasi dan analisis hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Self-Efficacy siswa kelas XI MAN 1 Garut tergolong kedalam ketegori tinggi dengan skor rata-rata 3,52. 2) Hasil belajar fikih siswa kelas XI MAN 1 Garut tergolong kedalam kategori rendah dengan skor ratarata 66,19. 3) Pengaruh Self-Efficacy siswa terhadap hasil belajar fikih siswa kelas XI MAN 1 Garut sebesar 12,8%, tergolong pada kategori rendah, dengan koefisien korelasi sebesar 0,358 tergolong pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy; Hasil belajar
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firyal Yasmin Rizkiah F
Date Deposited: 27 May 2022 01:40
Last Modified: 27 May 2022 01:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/51545

Actions (login required)

View Item View Item