Pengaruh perputaran piutang dan likuiditas terhadap Return On Investment (ROI) pada PT. Goodyears Indonesia Tbk periode 2001-2010

Hidayat, Taufik (2013) Pengaruh perputaran piutang dan likuiditas terhadap Return On Investment (ROI) pada PT. Goodyears Indonesia Tbk periode 2001-2010. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Perusahaan sebagai suatu bentuk organisasi yang bertujuan untuk memperoleh laba dari setiap kegiatannya sekaligus meningkatkan kualitas dan potensi perusahaan. Dalam melakukan usahanya, suatu perusahaan memerlukan modal yang cukup untuk menjalankan dan mempertahankan produktivitas usahanya. Tujuan perusahaan jangka pendek umumnya adalah mencapai laba maksimal dan berkesinambungan, agar perusahaan bisa tetap tumbuh dan tetap beroprasi. Tujuan jangka panjangnya adalah memaksimalkan nilai perusahaan sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dan para pemegang saham lainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perputaran Piutang, untuk mengetahui Likuiditas, untuk mengetahui Return On Investment (ROI) dan bermaksud untuk mengetahui pengaruh Perputaran Piutang dan Likuiditas terhadap Return On Investment (ROI) secara parsial dan simultan pada PT. Goodyears Indonesia, Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis perkembangan dan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji statistik yaitu regresi linear berganda, korelasi pearson, uji determinasi dan pengujian hipotesis. Dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kedua variabel bebas (Perputaran piutang dan likuiditas) memiliki hubungan yang sedang dengan return on investment. Hal ini terlihat dari nilai korelasi berganda (R) sebesar 0,506 berada di antara 0,400 – 0,599 yang termasuk dalam kriteria korelasi sedang. Dan diketahui juga nilai koefisien determinasi atau R-square sebesar 0,256 atau 25,6%. Artinya, variabel perputaran piutang dan likuiditas secara bersama-sama (simultan) memberikan pengaruh sebesar 25,6% terhadap tingkat return on investment perusahaan. Sedangkan sisanya sebesar 74,4% tingkat return on investment perusahaan pada PT. Goodyears indonesia, Tbk. dapat diterangkan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Piutang; Likuiditas; Return On Investment (ROI);
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:37
Last Modified: 01 Aug 2019 03:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item