Pengaruh pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan: Studi pada PERUM DAMRI Bandung

Lesmana, Dadan (2013) Pengaruh pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan: Studi pada PERUM DAMRI Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja merupakan objek penting yang perlu diperhatikan dalam sistem manajemen perusahaan, karena pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja dapat memberi rasa aman dan nyaman pada saat bekerja juga memberikan perlindungan terhadap karyawan untuk terbebas dari kecelakaan dan lingkungan yang kurang sehat yang dapat merugikan karyawan maupun perusahaan. Semakin tinggi tingkat keselamatan dan kesehatan karyawan, semakin tinggi pula tingkat produktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja secara parsial, yaitu keselamatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PERUM DAMRI Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk meneliti hubungan sebab akibat antara variabel independen dan variabel dependen. Skala yang digunakan didesain berdasarkan skala model likert yang berisi sejumlah pertanyaan yang menyatakan objek yang hendak diungkap. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PERUM DAMRI Bandung yang berjumlah 796 orang dan diambil jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan metode pengambilan sampel simple random sampling. Alat yang digunakan untuk melakukan analisis data adalah program SPSS 16.0 yaitu sebuah software statistik yang sering digunakan dalam penelitian kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian membuktikan bahwa pengaruh keselamatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan menunjukkan nilai t hitung = -1,478 dengan nilai signifikansi 0,143. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05, nilai signifikansi tersebut lebih besar dari 0,05 , maka Ha ditolak dan H0 diterima. Hasil pengujian regresi untuk variabel kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan menunjukkan nilai t hitung = 3,862 dengan nilai signifikansi 0,000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 , maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil pengujian model regresi untuk keseluruhan variabel menunjukkan nilai F hitung = 11,518 dengan signifikansi 0,000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 dan dinyatakan berpengaruh positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keselamatan kerja; produktivitas kerja;
Subjects: Labor Economics > Labor by Industry and Occupation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 02:50
Last Modified: 13 Jun 2019 08:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item