Perubahan pola komunikasi dakwah FPI : Studi kasus terhadap Front Persaudaraan Islam di Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis

Rismayati, Eva (2022) Perubahan pola komunikasi dakwah FPI : Studi kasus terhadap Front Persaudaraan Islam di Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah sebagai kewajiban setiap muslim dapat berjalan melalui beberapa cara, baik dilakukan secara individu ataupun kelompok. Dakwah secara kelompok dapat dilakukan melalui suatu organisasi. Salah satu yang menerapkan dakwah ini yaitu Front Persaudaraan Islam di Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis. Setiap organisasi tentunya tidak terlepas dari suatu perubahan dikarenakan harus menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Arah dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui input atau masukan yang menjadi latar belakang perubahan organisasi FPI dikecamatan Lumbung, apa saja element of change serta perubahan unsur- unsur dakwah baik perubahan pada pesan, media, ataupun metode dakwah yang dilakukan, serta mengetahui dampak (output) perubahan yang dilakukan bagi organisasi FPI di Kecamatan Lumbung. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi Lasswell (1948) dan teori perubahan dari Kreitner dan Kinicki (2001) yang menunjukan unsur- unsur dakwah serta menggambarkan perubahan organisasi yang dilakukan oleh Organisasi FPI di Kecamatan Lumbung. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang menjelaskan fenomena perubahan organisasi FPI Kecamatan Lumbung berdasarkan unsur how and why. Dan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini terdapat 4 alasan perubahan Organisasi FPI Kecamatan Lumbung yaitu: 1) karena pembubaran yang dilakukan oleh pemerintah sebelumnya; 2) sebagai siyasah dan strategi mengenalkan FPI baru yang tidak ekstrim; 3) merubah paradigma masyarakat mengenai FPI yang radikal dan keras; 4) menjaga kesinambungan dakwah yang dilakukan. Adapun unsur yang dirubah meliputi nama, logo, visi misi, susunan kepengurusan, anak organisasi, motto, tiga medan juang dan metode yang ditonjolkan. Adapun metode yang dirubah dan digunakan FPI sekarang yaitu hikmah, mauidzah hasanah, karya tulis, ceramah dan diskusi serta kelembagaan dan pemberdayaan organisasi. Ditemukan dampak dari perubahan organisasi FPI kecamatan Lumbung yaitu memperbaiki dan menguatkan eksistensi organisasi yang berpengaruh pada perubahan paradigma masyarakat, meningkatkan semangat juang pada anggota serta memperbaiki susunan administrasi yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan;Komunikasi;Dakwah
Subjects: Change
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Eva Rismayati
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:28
Last Modified: 05 Jul 2022 03:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/52334

Actions (login required)

View Item View Item