Manajemen Tenaga Pendidik di Madrasah (Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ikatan Pemuda Islam Mesjid Agung Cicalengka (MDTA IPIMAC) Cicalengka-Bandung)

Imas Dini Syarifah, Imas (1209201034) (2013) Manajemen Tenaga Pendidik di Madrasah (Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ikatan Pemuda Islam Mesjid Agung Cicalengka (MDTA IPIMAC) Cicalengka-Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Berhasil tidaknya sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh mutu dan unsur-unsur sistematik atau komponen yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas proses tranformasi dan mutu hasil kerja lembaga pendidikan, diantaranya yaitu tenaga pendidik. Pendidik dianggap komponen yang penting karena mampu memahami, mendalami, melaksanakan akhirnya mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen tenaga pendidik di MDTA IPIMAC dari mulai profil tenaga pendidik, konsep manajemen tenaga pendidik, perencanaan tenaga pendidik, rekrutmen tenaga pendidik, seleksi tenaga pendidik, orientasi dan penempatan tenaga pendidik, pelatihan dan pengembangan tenaga pendidik, penilaian kinerja tenaga pendidik, kompensasi tenaga pendidik, hasil pelaksanaan manajemen tenaga pendidik, dan factor penunjang dan penghambat pelaksanaan manajemen tenaga pendidik. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa pengelolaan tenaga pendidik yang baik akan menjamin suatu kegiatan pendidikan yang efektif dan efisien, sehingga dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertolak pada pentingnya unsure manusia (tenaga pendidik) sebagai sumber daya yang cukup potensial dan sangat menentukan dalam suatu organisasi/lembaga pendidikan. Untuk menjamin tercapainya tujuan yang dimaksud dan lebih meningkatkan mutu pendidikan bagi pendidik dan peserta didik, maka perlu adanya manajemen tenaga pendidik MDTA. Pengumpulan data empiriknya dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi/menyalin dengan menggunakan analisis logika untuk data kualitatif. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan penafsiran deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskipsikan suatu gejala atau peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyelenggaraan pendidikan di MDTA IPIMAC didukung oleh adanya manajemen tenaga pendidik yang dikelola secara efektif. Fungsi-fungsi manajemen tenaga pendidik berjalan secara efisien dan produktif. Keberhasilan manajemen tenaga pendidik di MDTA tidak terlepas dari adanya faktor penunjang dan penghambat. Tenaga pendidik merupakan salah satu dari faktor penunjang dan penghambat pelaksanaan manajemen tenaga pendidik. Selain tenaga pendidik, yang menjadi faktor penunjang lainnya adalah proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat lainnya adalah peserta didik dan sarana prasarana. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyampaikan saran bagi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) untuk mengadakan sosialisasi terhadap masyarakat luas mengenai pentingnya MDTA, dan bagi MDTA agar meningkatkan jumlah kompensasi bagi tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen, tenaga kependidikan, madrasah
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 22 Feb 2016 03:23
Last Modified: 14 Mar 2016 08:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item