Pengaruh Perputaran Aktiva Tetap dan Perputaran Piutang terhadap Return On Assets pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011

Nida Febriani, Nida (2013) Pengaruh Perputaran Aktiva Tetap dan Perputaran Piutang terhadap Return On Assets pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini perkembangan industri manufaktur persaingan antar perusahaannya semakin meningkat. Selayaknya perusahaan menerapkan manajemen yang mampu mengelola perusahaan dengan baik. Tujuan utama perusahaan untuk memperoleh laba dan besar kecilnya laba yang diperoleh merupakan ukuran kesuksesan manajemen perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perputaran aktiva tetap terhadap Return On Assets (ROA), seberapa besar pengaruh perputaran piutang terhadap ROA dan seberapa besar pengaruh perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang secara simultan terhadap ROA pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011. Menurut Prihadi (2011:262) bahwa yang paling umum, investasi akan berupa aktiva tetap. Serta perputaran piutang akan menentukan besar kecilnya keuntungan yang akan diperoleh perusahaan, sehingga hal ini akan mempengaruhi operasi perusahaan, dan menurut Syamsuddin (2011:49) bahwa semakin tinggi tingkat perputaran piutang maka semakin baik pengelolaan piutangnya. Jika semakin cepat perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang maka semakin baik ROA di suatu perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Populasi sebanyak 146 perusahaan dan diambil sampel sebanyak 40 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah data sekunder melalui studi pustaka (library research), data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang berasal dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana, regresi linier berganda, korelasi, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi dengan level significance 5% dan perhitungan tersebut menggunakan bantuan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial besar pengaruh perputaran aktiva tetap terhadap ROA memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan, dengan nilai thitung sebesar 1,495 dengan taraf signifikansi 0,143>0,05. Besar pengaruh perputaran piutang terhadap ROA memiliki pengaruh positif dan signifikan, dengan nilai thitung sebesar 2,358 dengan taraf signifikansi 0,024<0,05. Secara simultan besar pengaruh perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang terhadap ROA, dengan taraf signifikansi 0,025<0,05, kemampuan prediksi kedua variabel tersebut terhadap ROA sebesar 0,180 atau sebesar 18%. Kata Kunci : Aktiva Tetap, Piutang dan Return On Assets (ROA)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktiva Tetap, Piutang dan Return On Assets (ROA)
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 22 Feb 2016 03:54
Last Modified: 26 Feb 2016 08:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item