Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Miftahulfalah Gedebage Kota Bandung)

Siti Ernawati, Siti (1209201066) (2014) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Miftahulfalah Gedebage Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
3_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Miftahulfalah merupakan lembaga pendidikan yang bersatus swasta. Sekolah ini didirikan sebagai solusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di daerah Gedebage dan sebagai alternatif bagi yang memiliki kemauan dan semangat yang tinggi untuk belajar dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan menggambarkan profil Madrasah Tsanawiyah Miftahulfalah, mengkaji perencanaan dan implementasi program kerja kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, serta menganalisis kemampuan kepala madrasah dalam mengawasi dan mengevalusi kinerja guru. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa kepemimpinan kepala madrasah berperan dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian dilakukan di MTs. Miftahulfalah Gedebage Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang bersifat deskriptif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen yang berhubungann dengan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Pengabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, auditing oleh dosen pembimbing dan oleh pihak lembaga MTs. Miftahulfalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan didirikannya MTs. Miftahulfalah yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang seimbang secara lahir dan batin. Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada intinya dapat dilihat dari : 1) perencanaan program kerja dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengikuti seminar, pelatihan dan diklat; 2) implementasi program kerja adalah peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kedisiplinan guru; 3) pengawasan dilakukan dengan memberikan masukan kepada guru, melihat daftar hadir guru, mencari informasi dari peserta didik mengenai kegiatan belajar mengajar di kelas; 4) evaluasi dilakukan dengan cara mengadakan rapat bulanan untuk membicarakan masalah dan kendala yang menghambat kinerja guru dan memberikan kesempatan untuk menyampaikan berbagai ide, gagasan, saran dan pendapat secara langsung. Hal ini dapat mewujudkan tujuan pendidikan, baik tujuan kelembagaan maupun tujuan pendidikan nasional

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kepala madrasah, guru, kinerja
Subjects: Applied Psychology > Leadership
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 22 Feb 2016 03:39
Last Modified: 14 Mar 2016 08:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item